Materi SMP K13 Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 Bab 1 Teks Deskripsi Pengertian dan Ciri

Teks Deskripsi

Pada mata pelajaran bahasa Indonesia terdapat banyak materi yang membahas tentang karya sastra, beberapa diantaranya berupa teks deksripsi, eksposisi, hingga eksplanasi dan beberapa teks lain. Setiap teks mempunyai ciri-ciri khusus dan unik yang saling membedakan antara satu teks dengan teks lainnya. Dalam tulisan ini, tim biar pintar mengulas semua hal yang berkaitan dengan teks deskripsi.

Dalam belajar Bahasa Indonesia ada banyak jenis teks yang akan kamu lihat dan pelajari dalam kegiatan sehari-hari biasanya pada waktu belajar maupun pada saat sedang santai membaca novel atau cerita. Namun terkadang kita kurang memahami termasuk kedalam jenis teks apakah yang kita baca, kita sering keliru dan perlu banyak waktu untuk berpikir sebelum menjawab. Kali ini tim biar pintar membahas tentang salah satu jenis teks dalam Bahasa Indonesia yaitu  teks deskripsi dimulai dengan pengertian, ciri-ciri, struktur, jenis, struktur dan kebahasaan, mengidentifikasi, menyajikan beserta contoh.

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah salah satu teks yang menggambarkan atau melukiskan sesuatu sehidup-hidupnya, seperti keadaan alam, ruangan,dan deskripsi tentang seseorang. Jadi, dapat dikatakan bahwa teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan keadaan, bentuk, atau suasana tertentu, seperti benda, orang, dan tempat sesuai dengan objek yang sebenarnya.

 

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Suatu paragraf dapat dikatakan sebagai paragraf deskripsi jika memiliki ciri-ciri berikut.
1) Topik yang berupa objek atau benda digambarkan dengan sangat jelas.
2) Objek tersebut digambarkan dengan melibatkan pancaindra, seperti penglihatan,pendengaran,penciuman, dan lain-lain.
3) Banyak ditemukan kata-kata sifat di dalamnya.

Struktur Teks Deskripsi

Ada tiga struktur teks deskripsi sehingga menjadi satu kesatuan teks yang utuh dan baik, seperti berikut ini.

  1. Identifikasi, artinya merupakan penentu akan identitas sebuah benda, orang dan lain sebagainya.
  2. Klasifikasi, artinya susunan harus sesuai sistem dalam kelompok dan sudah memenuhi aturan atau kaidah yang ditetapkan.
  3. Deskripsi bagian, artinya bagian dalam teksnya berisi akan gambaran – gambaran bagian yang ada dalam teks tersebut.

 

Jenis Teks Deskripsi

Teks deskripsi dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu teks paragraf deskripsi spatial, teks paragraf deskripsi objektif, dan teks paragraf deskripsi subjektif.
1) Teks Paragraf deskripsi spatial
Teks Paragraf deskripsi spatial adalah paragraf yang topiknya berupa ruang atau tempat. Paragraf tersebut mendeskripsikan suatu ruang atau tempat dengan sangat jelas kepada para pembacanya.
2) Teks Paragraf deskripsi objektif
Objektif bermakna apa adanya atau sesuai dengan kenyataan. Oleh karena itu, paragraf deskripsi objektif menggambarkan suatu objek sesuai dengan kenyataan tanpa adanya opini atau kesan pribadi seorang penulis.
3) Teks Paragraf deskripsi subjektif
Berbeda dengan paragraf deskripsi objektif, paragraf deskripsi subjektif menggambarkan suatu objek berdasarkan apa yang dirasakan atau dilihat oleh penulis. Dengan kata lain, penulis menuangkan opini-opini pribadi tentang keadaan suatu benda atau objek tersebut.

 

Info
Teks deskripsi dapat diartikan sebagai teks yang bertujuan untuk menggambarkan atau melukiskan pengalaman, pendengaran, perabaan,penciuman, dan perasaan situasi atau masalah.

Info
Istilah “deskripsi” berasal dari verba to describe (Ing), yang artinya memerikan,menguraikan,atau melukiskan. Teks deskripsi mengutamakan kejadian atau keadaan yang dapat merangsang pancaindra.

Struktur dan Kebahasaan pada Teks Deskripsi

Kalian dapat menelaah teks deskripsi dengan cara menentukan struktur dan ciri kebahasaannya. Berikut adalah penjelasan mengenai struktur dan kaidah kebahasaan teks deskripsi.

Mengenal Struktur Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang berisi gambaran sifat-sifat benda yang dideskripsikan. Dengan kalimat deskripsi, pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan sendiri tentang hal yang disampaikan dalam suatu teks. Dengan kata lain, kalimat deskripsi merupakan kalimat yang melukiskan sesuatu, menyatakan apa yang diindera, melukiskan perasaan, dan perilaku jiwa dalam wujud kalimat. Dalam teks deskripsi terdapat struktur teks yang membangunnya.

Berikut merupakan struktur teks deskripsi.
a. Deskrispi Umum
Deskripsi umum pada teks dekripsi berisi penjelasan tentang definisi/identitas objek
yang dideskripsikan.

b. Deskripsi Bagian
Deskripsi bagian merupakan bagian dari teks deskripsi yang berkaitan dengan pengklasifikasian objek yang dideskripsikan. Pengklasifikasian dijelaskan secara lebih rinci dengan memberikan gambaran-gambaran yang jelas.

Berikut teks deskripsi “Pantai Rawa” beserta struktur teksnya.

Struktur Teks Pantai Rawa
Deskripsi Umum Pantai Rawa merupakan pantai yang terletak di ujung timur Kota Kebumen. Pantai Rawa terletak di Desa Rawa, Kecamatan Mirit, atau sekitar 20 km dari pusat Kota Kebumen.
Deskripsi Bagian Ketika kita akan mengunjungi Pantai Rawa, kita harus berjalan kaki karena jalan menuju pantai ini berupa padang pasir yang luas dan berbukit-bukit. Ketika siang hari, padang pasirnya sangat panas dan ketika malam hari akan berubah menjadi sangat dingin.
Pantai Rawa tidak mempunyai ombak yang besar, hanya sekitar 0,7 meter. Hal itu berarti pantai ini aman untuk bermain anak-anak, tetapi tentulah tetap dengan pengawasan orang tuanya. Namun sayangnya, belum banyak yang mengetahui keindahan pantai ini. Terbukti dengan belum banyaknya pengunjung yang datang ke pantai ini.
Keindahan yang ada di Pantai Rawa adalah adanya rawa-rawa yang berada di seberang pantai. Perbedaan jenis air rawa yang tawar dan air laut yang terasa asin sangat terlihat. Rawa-rawa tersebut digunakan oleh pengunjung untuk mencuci kaki atau tangan mereka setelah bermain-main dipantai. Ketika air laut pasang, volume air yang ada di rawa tidak berpengaruh. Namun, ketika musim kemarau, air rawa akan berkurang.

Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi

Bahasa yang baik dan benar adalah bahasa yang dapat dipahami oleh pembaca dan sesuai dengan apa yang ingin disampaikan oleh penulis. Guna mengetahui unsur kebahasaan dalam sebuah teks, dapat dilakukan dengan cara mempelajari kata, kalimat, dan frasa yang ada dalam teks tersebut.

Dalam teks deskripsi terdapat unsur kebahasaan. Berikut merupakan unsur kebahasaan teks deskripsi.
a. Kata Rujukan
Kata rujukan adalah kata yang merujuk pada kata lain yang telah diungkapkan sebelumnya. Kata rujukan dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.
1) Rujukan benda atau hal
Rujukan benda atau hal adalah rujukan kata yang menyatakan nama dari seseorang,tempat,atau semua benda dan segala yang dibendakan. Contoh kata rujukan benda di antaranya ini, itu, tersebut.
2) Rujukan tempat
Rujukan tempat adalah kata yang merujuk pada kata tempat, di mana kejadian tersebut terjadi.
Contoh kata rujukan tempat di antaranya di sini, di situ, di sana.
3) Rujukan personil/orang atau yang diperlakukan seperti orang
Rujukan personil/orang adalah kata yang merujuk kepada sebuah tokoh dalam sebuah cerita. Contoh kata rujukan personil/orang atau yang diperlakukan seperti orang, diantaranya aku, dia, ia, mereka, beliau.

Info
Deskripsi umumnya menggambarkan tentang sesuatu yang dapat diindera. Oleh sebab itu, pada umumnya, objeknya berupa alam,benda, tempat suasana, dan manusia.

b. Kata Berimbuhan
Kata berimbuhan adalah kata yang telah mengalami proses pengimbuhan atau (afiksasi). Imbuhan atau afiksasi adalah morfem terikat yang digunakan dalam bentuk dasar untuk membentuk kata. Hasil proses pengimbuhan disebut kata berimbuhan atau kata turunan. Kata berimbuhan juga merupakan kata dasar yang mendapat awalan (prefiks), akhiran (sufiks), dan sisipan (infiks).
c. Konjungsi
Kata penghubung disebut juga konjungsi(kata sambung). Konjungsi adalah kata yang menghubungkan kata dengan kata dalam sebuah kalimat atau menghubungkan kalimat dengan kalimat dalam sebuah paragraf. Kata penghubung dalam bahasa Indonesia berarti kata tugas yang menghubungkan dua satuan bahasa yang sederajat: kata dengan kata, frasa dengan frasa, atau klausa dengan klausa. Fungsi kata hubung (konjungsi), antara lain sebagai berikut.
1) Konjungsi yang berfungsi sebagai penghubung satu kata dengan kata lainnya dalam satu kalimat.
2) Konjungsi yang berfungsi sebagai penghubung satu kalimat dengan
kalimat lainnya.

d. Kelompok Kata (Frasa)
Frasa adalah gabungan dua kata atau lebih yang bersifat nonpredikatif, maksudnya di antara kedua kata tersebut tidak ada yang berkedudukan sebagai predikat dan hanya memiliki satu makna gramatikal.

e. Kata Baku dan Tidak Baku
Kata baku adalah kata yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Sumber utama yang telah ditentukan dalam pemakaian bahasa baku, yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kata baku umumnya digunakan dalam kalimat resmi (lisan dan tertulis).

f. Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca
Huruf kapital adalah huruf besar yang dipakai sebagai huruf pertama kata pada awal kalimat. Sedangkan tanda baca adalah simbol yang tidak berhubungan dengan fonem (suara) atau kata dan frasa pada suatu bahasa, tetapi berperan untuk menunjukkan struktur dan organisasi suatu tulisan, serta intonasi dan jeda yang dapat diamati saat membaca.

Mengidentifikasi Informasi pada Teks Deskripsi

Teks deskripsi menjelaskan aspek-aspek yang dapat diterima oleh panca indra manusia, seperti bentuk, warna, rasa, maupun keadaan suatu objek yang didiskusikan dalam teks tersebut. Teks tersebut merupakan hasil penelitian atau pengamatan, sehingga objek yang dibahas merupakan objek yang nyata atau dapat dilihat bukan objek-objek yang masih bersifat abstrak.
Guna mengidentifikasi informasi pada tesk deskripsi, kalian dapat memerhatikan langkah-langkah sebagai berikut.
a. Membaca dengan saksama isi teks deskripsi tersebut.
b. Mencatat informasi yang ada di setiap bagian teks deskripsi.
c. Mencari ide pokok yang ada pada teks deskripsi tersebut.

Menyajikan Teks Deskripsi

Kalian dapat menyajikan data, gagasan, kesan,dalam bentuk teks deskripsi. Karangan deskripsi merupakan karangan yang disusun untuk melukiskan sesuatu dengan tujuan untuk menghidupkan kesan dan daya khayal yang mendalam bagi pembaca.
Penulis menggunakan ilustrasi dalam teks deskripsi untuk menggambarkan suatu objek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas melalui keadaan,warna, rasa,atau kesan yang ada pada objek tersebut. Langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam menyajikan karangan deskripsi, antara
lain sebagai berikut.
a. Menentukan objek yang akan dijadikan sebagai ide atau bahan.
b. Lakukan pengamatan secara cermat, terperinci,dan sungguh-sungguh.
c. Mengumpulkan data maupun informasi-informasi yang dapat menunjang objek pengamatan.
d. Ide/gagasan yang sudah terolah di dalam diri dan pikiran yang penuh daya imajinasi diwujudkan dengan perantara bahasa karangan.
e. Pengolahan pada daya cipta.

Untuk menyajikan sebuah teks deskripsi harus memperhatikan syarat penyusunan paragraf yang baik.
Berikut adalah syarat penyusunan paragraf yang baik.
a. Kesatuan
Dalam hal ini paragraf memiliki kesatuan dengan mengandung satu gagasanpokok. Kesatuan ini sangat bergantung pada peletakan kalimat topik. Walaupun dalam paragraf terdapat beberapa gagasan tambahan tetapi gagasan tersebut harus fokus pada gagasan utama.

b. Kepaduan
Paragraf dapat dikatakan padu jika kalimat-kalimat dalam paragraf saling berhubungan dan disusun secara logis. Setiap kalimat berkaitan satu sama lain untuk mendukung gagasan utama.

c. Kelengkapan
Paragraf perlu memiliki kalimat topik dan kalimat penjelas. Jangan sampai salah satu kalimat tersebut tidak ada dalam sebuah paragraf. Kelengkapan paragraf berkaitan dengan kalimat-kalimat penjelas yang tuntas dalam menjelaskan kalimat utama. Sebuah paragraf dibangun oleh sejumlah kalimat yang saling menunjang, mengandung sedikitnya satu gagasan pokok, dan dijelaskan oleh beberapa gagasan penunjang. Gagasan pokok dituangkan ke dalam kalimat topik (kalimat pokok) dan gagasan penunjang ke dalam kalimat penunjang. Kalimat topik adalah sarana dan gagasan yang dikembangkan dalam paragraf itu. Pengembangan paragraf itu bisa mendahului penampilan sebuah gagasan utama, bergantung pada metode pengembangan paragraf itu. Oleh karena itu, persoalan menempatkan kalimat topik merupakan suatu factor yang harus diperhatikan dalam menyusun sebuah paragraf yang baik.

Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan untuk menyusun teks deskripsi, yaitu sebagai berikut.
a. Memahami struktur teks deskripsi.
b. Menentukan setiap bagian struktur teks deskripsi.
c. Memahami ciri-ciri bahasa dalam teks deskripsi.
d. Memahami penyusunan paragraf yangbenar.

Contoh teks deskripsi

Candi Borobudur

Borobudur adalah candi Hindu-Budha. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh dinasti Sailendra yang berasal dari Kerajaan Mataram kuno. Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Borobudur terkenal ke seluruh penjuru dunia. Konstruksinya mendapat pengaruh oleh arsitektur Gupta India. Candi ini dibangun di atas sebuah bukit setinggi 46 meter dan delapan tangga yang berbentuk undakan batu. Lima tangga yang pertama berbentuk kotak, dikelilingi oleh tembok yang penuh pahatan yang membentuk gambar Budha. Tiga tangga di atasnya berbentuk melingkar. Pada tiap tangga melingkar tersebut terdapat stupa berbentuk lonceng. Keseluruhan gedung ditutupi oleh stupa besar yang terletak ditengah-tengah lingkaran teratas. Jalan menuju puncak Borobudur yang berbentuk gang terbentang sejauh 4,8 kilometer. Desain Borobudur yang menyimbolkan struktur alam semesta mempengaruhi gaya pembuatanCandi Angkor di Kamboja. Candi Borobudur yang diresmikan sebagai Monumen Nasional Indonesia pada tahun 1983 adalah harta tak ternilai bagi bangsa Indonesia.

teks deskripsi

Candi Borobudur, Jawa Tengah. Sumber foto .

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*