Materi SMP K13 Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 Bab 3 Teks Prosedur

Teks Prosedur

Teks Prosedur-BiarPintar.Com – Banyak kegiatan di sekitar kita yang harus dilakukan menurut prosedur. Jika kegiatan tersebut tidak mengikuti prosedur, maka tujuan yang diharapkan pun tidak akan tercapai. Teks prosedur kompleks berisi langkah-langkah atau tahap yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan. Berikut akan dijelaskan mengenai teks prosedur yang berkaitan dengan cara membuat masakan khas daerah.

Mengenal Teks Prosedur

Teks prosedur merupakan teks yang di dalamnya terdapat langkah-langkah yang dapat digunakan dalam membuat maupun melakukan sesuatu.

Dalam mempraktikkan teks prosedur, dapat dilakukan dengan cara mengikuti langkah-langkah yang ada secara urut sesuai dengan petunjuk. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan dari teks prosedur.

Jenis-jenis Teks Prosedur

Berikut merupakan jenis-jenis teks prosedur.

Membuat Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana, yaitu teks yang berisi tentang langkah-langkah sederhana untuk membuat sesuatu proses yang sederhana.

Berikut merupakan contoh teks prosedur sederhana tentang cara membuat gado-gado.

Bahan-bahan:
1. Kentang rebus
2. Tahu goreng
3. Kol
4. Tauge
5. Sambal kacang

Cara membuatnya:
Bahan yang sudah disiapkan diiris menjadi beberapa bagian. Kemudian sambel kacang dicampur dengan air, tuangkan tahu, kentang, kol, dan tauge menjadi satu dengan sambel kacang yang sudah dicampur ke dalam air. Selanjutnya, gado-gado siap disajikan di atas piring.

Info
Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Jawa yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbukacangatausaus darikacangtanahdan yang dihaluskan disertai irisan telur.

Membuat Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks adalah teks yang berisikan sebuah langkah-langkah untuk membuat atau melakukan sesuatu secara lengkap dan terarah, sehingga pembaca dengan mudah mengerti dan mengetahui petunjuk yang ada pada teks prosedur.

Berikut merupakan contoh teks prosedur kompleks pembuatan gado-gado.

Cara Membuat Gado-gado yang Baik dan Benar
Bahan-bahan/Bumbu-bumbu:
– 350 gram kentang, rebus, goreng,potong-potong
– 350 gram tahu putih
– 350 gram tempe
– 7 lembar daun selada, sobek-sobek
– 2 buah ketimun, iris tipis
– 100 gram taoge, rebus
– 200 gram kol, iris kasar, rebus
– Minyak untuk menggoreng

Bahan Perendam Tahu dan Tempe:
– 3 siung bawang putih, haluskan
– 1 sendok teh ketumbar bubuk
– 1 sendok teh garam
– 200 ml air

Bahan Saus:
– 200 gram kacang tanah kulit, goreng, haluskan
– 3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
– 1 sendok makan kecap manis
– 1 sendok teh garam
– 3 sendok teh gula merah, sisir halus
– 600 ml santan dari ¼ butir kelapa
– 3½ sendok teh air asam, jawa dari 1 sendok teh asam jawa dan 2 sendok makan air,
larutkan
– 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
– 5 buah cabai merah besar, buang bijinya
– 3 buah cabai merah keriting
– 5 cm kencur
– 4 siung bawang putih
– ½ sendok teh terasi goreng

Bahan Pelengkap:
– 3 sendok makan bawang merah goring untuk taburan
– 100 gram kerupuk kanji
– 100 gram emping goreng
– 2 buah tomat, iris-iris
– 4 butir telur rebus, potong-potong

Cara Pengolahan:
– Rendam tempe dan tahu dalam bahan perendam. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang. Sisihkan.
– Saus:tumis bumbu halus dan daun jeruk sampai harum. Tambahkan kacang tanah dan kecap manis. Aduk rata. Masukkan santan, garam, dan gula merah. Aduk rata. Masak sambil diaduk sampai mendidih. Tambahkan air asam jawa. Aduk rata.
– Tata potongan kentang, tahu, tempe, daun selada, ketimun, taoge, dan kol di piring dan tuang saus. Tabur bawang merah goreng dan sajikan dengan pelengkap.
– Gado-gado siap disajikan.

Ciri-ciri Teks Prosedur

Tujuan penulisan teks posedur adalah untuk membantu pembaca atau pendengar untuk memahami bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu dengan tepat. Teks prosedur juga memiliki ciri-ciri seperti berikut.
1) Menggunakan pola kalimat perintah (imperatif).
2) Menggunakan kata kerja aktif.
3) Menggunakan kata penghubung (konjungsi) untuk mengurutkan kegiatan.
4) Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rincian waktu, tempat, dan cara yang akurat.

Membuat Teks Prosedur

Prosedur adalah serangkaian aksi yang spesifik, tindakan atau operasi yang harus dijalankan atau dieksekusi dengan cara yang sama agar selalu memperoleh hasil yang sama dari keadaan yang sama. Langkah-langkah tersebut adalah cara-cara yang ditempuh agar tujuan tersebut tercapai. Pada teks prosedur, langkah-langkah tersebut merupakan urutan yang biasanya tidak dapat diubah urutannya. Langkah awal menjadi penentu langkah-langkah berikutnya.Berikut merupakan langkah-langkah membuat teks prosedur.
a. Menentukan tema teks prosedur yang akan dibuat.
b. Menentukan tujuan teks prosedur.
c. Menulis bahan-bahan dan langkah-langkah teks prosedur.

Membuat Teks Prosedur Kompleks

Prosedur kompleks adalah langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan. Terdapat banyak kegiatan di sekitar kalian yang harus dilakukan menurut prosedur. Jika tidak mengikuti prosedur tersebut, maka tujuan yang diharapkan tidak akan tercapai. Teks prosedur kompleks pada umumnya terdiri dari empat bagian. Empat bagian tersebut, antara lain sebagai berikut.
a. Judul
Judul dibuat agar pembaca tertarik akan teks prosedur kompleks tersebut. Contoh:
Cara membuat gudeg.
b. Tujuan
Tujuan berisi tujuan dari pembuatan teks prosedur kompleks atau hasil akhir yang akan dicapai (dapat berupa judul). Teks prosedur kompleks berisi informasi mengenai tujuan dalam pembuatan/ pengoperasian sesuatu. Contoh:Berikut hal yang harus kalian lakukan ketika akan membuat gudeg. Dengan memerhatikan hal tersebut kalian dapat membuat gudeg dengan baik.
c. Alat dan Bahan
Alat dan bahan berisi alat atau benda yang dipakai untuk mengerjakan teks prosedur kompleks tersebut. Alat atau bahan terdiri dari bahan yang dipakai dalam membuat sesuatu (tidak semua teks prosedur kompleks menyertakan alat atau bahan). Tiga jenis teks prosedur yang tidak memakai bagian materi (alat atau bahan),
yaitu sebagai berikut.

1) Teks prosedur yang menjelaskan cara sesuatu bekerja/cara melakukan instruksi secara manual. Contohnya adalah cara menghidupkan tape recorder.
2) Teks prosedur yang menginstruksikan cara melakukan aktivitas tertentu sesuai dengan peraturan. Contohnya adalah aturan bermain game.
3) Teks prosedur yang berhubungan dengan sifat/kebiasaan manusia. Contohnya adalah cara seseorang menjadi sukses.

d. Prosedur/langkah-langkah
Berisi cara-cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan (biasanya tidak dapat diubah urutannya). Langkah-langkah dalam prosedur kompleks harus urut dari langkah pertama hingga akhir. Contoh: Pertama, siapkan bahan dan bumbu. Kedua, periksalah kelengkapan bahan dan bumbu Ketiga, campurkan bahan dan bumbu menjadi satu. Keempat, hidangkan gudeg yang sudah matang ke piring.

Mengidentifikasi Informasi pada Teks Prosedur

Teks prosedur kompleks adalah teks yang berisi penjabaran langkah-langkah atau tahapan-tahapan yang harus ditempuh untuk mencapai suatu tujuan.Guna mengetahui isi teks prosedur, kalian dapat membaca judul dan membaca isi teks prosedur tersebut dengan saksama. Menganalisis teks prosedur perlu dilakukan untuk mendapatkan pengertian dan pemahaman teks secara benar. Mengidentifikasi berfungsi sebagai penelaahan pada bagian-bagian dari teks prosedur kompleks.
Agar dapat menganalisis bagian-bagian teks prosedur kompleks dapat dilakukan dengan memerhatikan beberapa aspek berikut.
a. Isi teks mengandung kalimat perintah atau imperatif.
b. Berisi langkah-langkah pembuatan, proses, atau cara untuk membuat dan menggunakan sesuatu.
c. Memiliki tujuan dari prosedur yang dilakukan, yakni agar pembaca mudah memahami, dan mudah menerapkannya.
d. Memaparkan bahan dan alat yang digunakan untuk melakukan langkah-langkah yang terdapat dalam teks prosedur kompleks.
e. Berisi langkah-langkah yang berturutan (sistematis).

Struktur dan Kebahasaan Teks Prosedur

Teks prosedur merupakan salah satu teks yang berisi langkah-langkah yang berkaitan proses pembuatan sesuatu. Guna lebih memahami teks prosedur kalian harus mengetahui struktur dan kebahasaan teks prosedur.

Struktur Teks Prosedur

Teks prosedur kompleks memuat informasi maupun langkah-langkah dalam melakukan maupun membuat sesuatu. Teks prosedur kompleks ditata dengan struktur teks tujuan dan langkah-langkah.
a. Tujuan
Tujuan adalah hasil akhir yang akan dicapai dalam sebuah teks prosedur.
b. Langkah-langkah
Langkah-langkah merupakan cara yang ditempuh agar tujuan tersebut tercapai. Pada teks prosedur kompleks, langkah-langkah tersebut merupakan urutan yang biasanya tidak dapat diubah urutannya. Langkah awal menjadi penentu langkah berikutnya.Sebuah prosedur sering terdiri atas banyak langkah, dan langkah-langkah itu berjenjang dengan sub langkah pada setiap langkahnya.

Kebahasaan Teks Prosedur

Setiap teks memiliki ciri-ciri kebahasaan yang berbeda-beda. Begitu pula dengan ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks prosedur. Ciri kebahasaan pada teks prosedur dapat dilihat pada penggunaan bahasanya, seperti menggunakan kata perintah maupun kata larangan.Hal tersebut karena teks prosedur berfungsi sebagai pemberi informasi maupun rambu-rambu dalam melakukan sesuatu.

Berikut merupakan ciri-ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks prosedur.
a. Ciri yang paling menonjol adalah penggunaan partisipan manusia secara umum; verba material dan verba tingkah laku; dan konjungsi temporal.
b. Syarat dan pilihan pada teks prosedur kompleks diungkapkan dengan konjungsi yang sama, yaitu jika, apabila, atau seandainya. Keadaan ini merupakan faktor lain yang menyebabkan kekompleksan prosedur tersebut.
c. Di samping unsur kebahasaan tersebut, ternyata teks prosedur kompleks banyak mengandung perintah. Kalimat yang mengandung perintah disebut kalimat imperatif. Menurut fungsinya, kalimat dapat diklasifikasi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.
1) Kalimat imperatif berfungsi untuk meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu.
2) Kalimat deklaratif merupakan kalimat yang berisi pernyataan. Kalimat ini berfungsi untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu. Apabila contoh kalimat imperatif itu diubah menjadi kalimat deklaratif.
3) Kalimat interogatif adalah kalimat yang berisi pertanyaan. Kalimat interogatif berfungsi untuk meminta informasi tentang sesuatu. Kalimat interogatif dapat dibagi menjadi kalimat interogatif yang menuntut jawaban ya atau tidak dan kalimat interogatif yang menuntut jawaban yang berupa informasi.
d. Verba material adalah verba yang mengacu pada tindakan fisik.
e. Verba tingkah laku adalah verba yang mengacu pada sikap yang dinyatakan dengan ungkapan verbal (bukan sikap mental yang tidak tampak), seperti menerima dan menolak.
f. Konjungsi temporal merupakan konjungsi yang mengacu pada urutan waktu, sekaligus menjadi sarana kohesi teks, seperti pertama, kedua, ketiga, dan setelah.

Info
Teks prosedur memuat informasi maupun langkah-langkah dalam melakukan maupun membuat sesuatu. Alat dan bahan berisi alat atau benda yang dipakai untuk mengerjakan teks prosedur tersebut. Alat atau bahan terdiri dari bahan yang dipakai dalam membuat sesuatu (tidak semua teks prosedur menyertakan alat atau bahan).

Membaca Ulang Teks Prosedur

Dalam menceritakan ulang teks prosedur, hal yang perlu diperhatikan adalah masalah kebahasaan. Masalah kebahasaan meliputi pemilihan kata, kalimat, dan paragraf. Kalimat merupakan kumpulan kata-kata yang saling berhubungan dan membentuk makna baru. Ciri-ciri kalimat, yaitu sebagai berikut.
a. Berunsurkan bunyi (intonasi).
b. Berunsurkan kata (kelompokkata).
c. Mengandung maknastruktural.
d. Berunsur situasi.
Contoh:
1) Siswa membawa peralatan tulis yang diperlukan.
2) Siswa memeriksa kelengkapan soal dan jawaban.
3) Siswa mengisi identitas dengan lengkap dan benar.

Fitur bahasa prosedur kompleks yang dominan adalah sebagai berikut.
a. Menggunakan kalimat imperatif
Kalimat imperatif merupakan kalimat yang isinya memberikan perintah untuk melakukan sesuatu.

Macam-macam kalimat perintah, antara lainsebagai berikut.
1) Perintah biasa, contoh: Usirlah anjing itu!
2) Perintah, contoh: Coba ambilkan majalah itu!
3) Ajakan, contoh: Marilah kita berangkat sekarang!
4) Syarat, contoh: Tanyakan padanya, tentu ia mau menerangkannya!
5) Ejekan/cemooh, contoh: Buatlah sendiri jika engkau bisa!
6) Larangan, contoh: Janganlah merokok di sini!

b. Kalimat deklaratif
Kalimat deklaratif adalah kalimat yang isinya memberikan sesuatu kepada pembaca atau pendengar.
c. Kalimat introgatif
Kalimat introgatif merupakan kalimat yang berisi pertanyaan.
Fungsi dari kalimat introgatif adalah untuk meminta informasi tentang sesuatu. Pada garis besarnya, kalimat tanya ada dua macam, yaitu sebagai berikut.
1) Kalimat tanya total, yaitu kalimat tanya yang jawabannya ya atau tidak.
2) Kalimat tanya parsial, yaitu kalimat tanya yang jawabannya ditentukan oleh kata tanyanya.

Contoh:
a) Apakah peralatan tulis yang dibutuhkan sudah disiapkan?
b) Apakah kelengkapan soal dan lembar jawaban sudah diperiksa?
c) Apakah identitas sudah diisi dengan lengkap dan benar?

d. Partisipan secara umum adalah manusia Partisipan secara umum berarti semua individu yang berperan serta/ikut andil dalam suatu kegiatan. Partisipan manusia adalah semua manusia yang ikut serta danterlibat dalam satu kegiatan.
Contoh:
1) Pengendara selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi yang menilangnya.
2) Polisi telah meringkus tawuran mahasiswa beberapa menit yang lalu.
3) Kepala hakim sedang menyidang para koruptor di gedung KPK.

e. Menggunakan verba material dan verba tingkah laku
Verba material adalah verba yang mengacu pada tindakan fisik dalam suatu peristiwa/kejadian. Verba tingkah laku adalah verba yang mengacu pada sikap yang dinyatakan dengan ungkapan.
f. Menggunakankonjungsi temporal
Konjungsi temporal adalah konjungsi yang mengacu pada urutan waktu. Contoh: Pertama, lakukan pengecekan tuduhan pelanggaran lalu lintas. Kedua, lakukan pembayaran ke bank. Ketiga, tanda tanganilah surat bukti pelanggaran berlalu lintas. Keempat,berikan bukti penyerahan surat yang dititipkan.

Contoh Teks Prosedur

Membuat Pie Susu Bali

Pie Susu Bali adalah salah satu kue pie khas asal Bali yang selalu menjadi salah satu primadona khususnya bagi pecinta kue ketika berkunjung ke daerah Bali. Kue Pie Susu Bali memiliki rasa yang unik serta tekstur yang ringan dan lembut. Untuk membuat Pie Susu Bali tidaklah sulit dan tergolong mudah, karena hanya membutuhkan bahan yang tidak terlalu banyak dan tergolong simpel dan praktis. Jika Anda adalah salah penyuka Pie Susu Bali dan ingin tahu bagaimana cara membuatnya, berikut di bawah ini adalah resep cara membuat Pie Susu Bali.

Bahan Kulit:
1. 1 butir kuning telur
2. 200 gram margarin
3. 250 gram terigu

Bahan Pia Susu:
1. 1 kaleng susu kental manis
2. 2 sdm maizena
3. 5 butir kuning telur
4. 200 ml air atau 1 gelas kecil

Cara Membuat Pie Susu Bali
1. Langkah pertama, uleni semua bahan kulit hingga kalis dan teksturnya terasa lembut. Lalu masukkan ke dalam kulkas kurang lebih selama 15 menit.
2. Langkahkedua.
Membuat Vla: Kocok semua bahan Vla susu secara manual atau bisa juga menggunakan mixer (kecepatan sedang) hingga tercampur merata. Kemudian saring agar hasilnya mulus.
3. Langkah ketiga, ambil adonan kulit yang sebelumnya telah dimasukkan ke dalam kulkas, lalu alasi loyang dengan kertas roti atau olesi dengan margarin. Kemudian tutup seluruh permukaan loyang dengan adonan kulit. Setelah itu, tuang adonan vla susu.
4. Terakhir, panggang adonan pie susu dengan suhu 170 derajat kurang lebih selama 45 menit atau hingga terlihat kuning kecoklatan. Lalu angkat, biarkan sejenak hingga agak dingin, setelah itu keluarkan dari loyang dan pie susu bali buatan anda pun siap untuk disantap.

Membuat Sop Ikan Batam

Ikan adalah salah satu jenis hewan perairan yang mempunyai kandungan gizi tinggi, yang dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan. Salah satunya yang cukup umum adalah dimasak menjadi sop. Sop ikan batam merupakan salah satu resep yang banyak digemari oleh masyarakat, selain rasanya yang enak dan khas, resep sop ikan batam juga sangat mudah di buat. Untuk membuat sup ikan batam perhatikan cara langkah-langkah berikut.

Bahan dan Bumbu Sup Ikan Batam:
1. 300 gram ikan kakap fillet, iris melebar miring
2. 100 gram udang yang telah dikupas, buang kulitnya, sisakan ekor, kerat punggung
3. 1.500 ml air kaldu ikan
4. 3 buah tomat hijau, potong-potong
5. 1 sendok teh air jeruk nipis
6. 1 sendok makan kecap ikan
7. ½sendok teh garam
8. 1 sendok makan ebi, sangrai dan haluskan
9. 2 sendok makan bawang merah goreng, remah-remah halus
10. 2½ sendok teh garam
11. ¼ sendok teh merica bubuk
12. 100 gram sawi asin yang telah dicuci bersih kemudian potong-potong

Cara Membuat Sup Ikan Batam:
1. Pertama lumuri ikan beserta udang dengan menggunakan air jeruk nipis dan garam, lalu sisihkan.
2. Kemudian rebus air kaldu,bawang merah goreng, ebi, merica, dan garam. Lalu masak sampai air mendidih dan harum.
3. Kemudian masukan ikan dan udang, lalu masak hingga warnanya berubah. Lalu tambahkan kecap ikan, tomat hijau dan sawi asin.
4. Kemudian masak kembali sampai matang benar benar mendidih dan Sup Ikan Batam pun siap dihidangkan.

Membuat Nasi Kuning Gurih dan Lezat

Nasi kuning adalah nama makanan asli dari Indonesia.Nasi kuning biasanya banyak terdapat di warung makan atau penjual nasi kuning pinggir jalan. Berikut beberapa cara membuat nasi kuning yang gurih dan lezat.

Bahan Membuat Nasi Kuning
1. 1,5 cangkir beras
2. 2 cm kunyit
3. 2 buah kemiri
4. 2 siung bawang putih
5. 4 bawang merah
6. Sereh 4 batang
7. Cengkeh 2 buah
8. 2 lembar daun salam
9. 1100 ml santan kental
10. Air secukupnya

Cara Membuat Nasi Kuning Gurih dan Lezat
1. Haluskan kunyit, kemiri, bawang merah, dan bawang putih. Lalu tumis hingga harum, tambahkan santan kental masak hingga mendidih.
2. Masukkan santan bumbu ke dalam beras.Saring untuk mengambil air tanpa ampasnya.Tambahkan sereh, cengkeh dan daun salam, aduk rata
3. Tambahkan air hingga mencapai seujung jari dari permukaan beras. Masak hingga air meniris. Jangan lupa diaduk agar tidak berkerak di bagian bawahnya.
4. Kukus kurang lebih 15 menit atau hingga matang.
5. Sajikan nasi kuning bersama pelengkap. Di antaranya telur dadar, tempe kering belado, daging bumbu kecap, dan kerupuk udang.
6. Nasi kuning spesial sudah siap untuk dihidangkan.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*