Materi SMP K13 Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1 Bab 2 Teks Iklan Slogan Poster

Teks Iklan, Slogan atau Poster

Teks Iklan, Slogan atau Poster-BiarPintar.Com – Dalam kehidupan sehari-hari, memang tidak asing dengan hal yang mengandung iklan. Hampir setiap hari kalian melihat iklan. Iklan dapat ditemukan dalam beberapa aplikasi, media cetak seperti majalah ataupun koran, media elektronik seperti televisi dan radio, atapun media luar ruang seperti baliho atau banner. Pernahkah kalian menemukan sebuah iklan layanan masyarakat? Jika pernah, informasi yang kalian temukan dari iklan tersebut?

Informasi dapat ditemukan dalam iklan, slogan, atau poster. Dalam sebuah iklan mengandung informasi sebuah produk atau sesuatu yang dapat dijual. Hal ini sangat berguna bagi kelangsungan hidup manusia sehari-hari. Informasi dapat ditemukan dari berbagai media tulis maupun lisan.

Pengertian Teks Iklan

Teks iklan adalah salah satu media promosi yang efektif dalam memasarkan berbagai produk kepada konsumen, karena daya jangkauannya yang luas. Tujuan adanya iklan, yaitu untuk memperkenalkan suatu produk, baik barang maupun jasa kepada masyarakat. Selain itu, guna menarik perhatian masyarakat untuk mengenali, membeli, hingga mengonsumsi atau menggunakan produk yang diiklankan.

Pengertian Slogan

Slogan adalah sebuah kata-kata atau kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat dalam menyampaikan sesuatu. Umumnya kalian melihat sebuah slogan dalam bentuk iklan, di mana penjual atau produsen membuat slogan untuk menjelaskan dan mempromosikan produk dan jasanya kepada masyarakat luas.

Pengertian Poster

Poster merupakan media publikasi yang terdiri atas gambar, tulisan, ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai.

Unsur-unsur Teks Iklan, Slogan, atau Poster

Iklan, slogan, dan poster memiliki unsur-unsur yang berbeda. Berikut adalah perbedaannya.

Unsur-unsur Teks Iklan

Iklan memiliki peranan yang sangat penting dalam memasarkan produk agar dapat dikenal oleh masyarakat. Sehingga, sangat penting bagi produsen untuk tetap mempertahankan atau meningkatkan kualitas produknya. Teks iklan memiliki unsur-unsur sebagai berikut.
1) Attention (perhatian)
Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat luas.
2) Interest (minat)
Setelah mendapat perhatian, maka harus ditingkatkan menjadi minat, sehingga timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.
3) Desire (keinginan)
Suatu cara untuk menggerakkan keinginan suatu konsumen.
4) Conviction (rasa percaya)
Guna mendapatkan rasa percaya dalam diri konsumen, maka sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
5) Action(tindakan)
Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya. Jadi, dalam iklan perlu menggunakan kata yang merujuk pada tindakan, seperti beli, hubungi, ambil, gunakan, rasakan, dan sebagainya.

Unsur-unsur Teks Slogan

Slogan biasanya digunakan untuk memberitahukan suatu ideologi golongan, organisasi, dan partai politik. Slogan memiliki unsur-unsur, seperti singkat, padat, jelas, menarik, dan penting.

Unsur-unsur Teks Poster

Membuat poster akan tidak lengkap rasanya, tanpa mengetahui unsur-unsur apa saja yang harus terkandung dalam poster. Tujuannya agar barang maupun jasa yang ditampilkan dalam poster dapat dipahami oleh pembaca. Sehingga pembaca memperoleh gambaran yang jelas tentang barang maupun jasa tersebut.
Unsur-unsur poster sebagai berikut:
1) Harus ada produk yang ditawarkan, baik barang maupun jasa.
2) Memiliki sasaran yang jelas tentang produk dan jasa yang ditawarkan. Sasaran dapat ditujukan pada anak-anak, remaja, dewasa, maupun yang tua.
3) Harus ada yang bertanggung jawab terhadap poster yang ditampilkan.
4) Bahasa yang digunakan dalam poster harus menarik dan jelas. Warna dan pemilihan jenis huruf yang digunakan dalam poster perlu diperhatikan, sebab menjadi salah satu daya tarik bagi pembaca. Selain itu, hal lain yang harus diperhatikan, yaitu cara meletakkan tulisan dalam poster.
5) Memiliki batasan waktu, agar pembaca dapat mengetahui kapan memperoleh barang atau jasa tersebut.
6) Memiliki slogan produk untuk menarik pembaca dan sebagai jaminan yang diperoleh konsumen, jika membeli maupun memanfaatkan barang atau jasa di poster tersebut.
7) Perlu adanya logo dan nama perusahaan, sehingga jelas, siapa yang menghasilkan produk barang maupun jasa tersebut dan dapat meningkatkan kepercayaan pembaca.
8) Foto-foto dari produk, baik barang maupun jasa, harus ditampilkan dalam poster. Tujuannya untuk menunjukkan penampilan produk

Menyimpulkan Isi Iklan, Slogan, atau Poster

Teks iklan berperan untuk memberikan informasi pada khalayak umum mengenai barang atau jasa yang ditawarkan. Informasi yang diberikan pada pembaca akan menjadikan pembaca memahami tentang maksud dari barang dan jasa tersebut ditawarkan pada mereka.
1. Simpulan Isi Teks Iklan, Slogan, atau Poster
Isi teks iklan, slogan, dan poster dapat beragam. Misalnya, ada iklan tentang sekolah yang tujuannya untuk mencari siswa atau mahasiswa, serta ada iklan dari perusahaan atau lembaga yang mencari tenaga kerja (iklan ini biasa disebut iklan lowongan pekerjaan).
Menyimpulkan maksud suatu iklan, slogan, atau poster adalah suatu paparan yang dituliskan dengan tujuan menarik seseorang agar apa yang dipromosikan sampai kepada masyarakat.
Kita dapat menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster dengan cara berikut.
a. Membaca teks iklan, slogan, atau poster tersebut.
b. Menemukan maksud dalam teks iklan, slogan, atau poster tersebut.
c. Menulis kesimpulan isi teks iklan, slogan, atau poster tersebut.

2. Menceritakan Kembali Iklan, Slogan, atau Poster
Menceritakan kembali isi iklan, dapat dituangkan dengan memaparkan iklan tersebut dengan menggunakan kalimat-kalimat yang jelas dan benar. Cara menceritakan kembali isi teks iklan, slogan, maupun poster yaitu membaca dengan sungguh-sungguh maksud iklan, slogan, atau poster tersebut; mengetahui informasi yang ada dalam teks tersebut; serta menceritakan kembali isi dalam teks iklan, slogan, atau poster tersebut

Pola Penyajian TeksIklan, Slogan, atau Poster

Kalimat yang dituliskan di iklan, slogan, atau poster harus singkat dan jelas. Selain jelas dan singkat kalimatnya harus menggunakan kata-kata yang sugestif dan mudah diingat oleh pembaca. Penyajian teks iklan, slogan, atau poster tidak boleh berbelit-belit, harus singkat dan mudah dipahami.

Pola penyajian atau struktur dalam teks iklan, slogan,atau poster sama. Pola penyajian yang ada dalam teks iklan sebagai berikut.
a. Judul
Bagian yang umumnya diletakkan pada bagian atas dan dilihat pertama kali oleh orang, tetapi ada juga beberapa iklan yang tidak mencantumkan judul di dalamnya.
a. Nama Produk atau Jasa
Bagian yang isinya mengenai produk atau jasa yang hendak ditawarkan kepada masyarakat
b. Deskripsi
Bagian yang berisi penjelasan tentang produk dan jasa yang hendak ditawarkan kepada khalayak, biasanya bagian ini ditulis dengan menarik dan kalimatnya mengajak orang lain untuk membeli produk atau jasa tersebut

Ciri Kebahasaan Teks Iklan, Slogan, atau Poster

Ciri kebahasaan pada teks iklan, slogan atau poster terdiri dari tiga ciri kebahasaan, yaitu menggunakan slogan, persuasif, dan menggunakan subjek orang pertama. Penjelasan ciri kebahasaan tersebut sebagai berikut.
a. Menggunakan Slogan
Slogan sangat penting dan dibutuhkan dalam dunia periklanan. Melalui slogan, iklan tersebut akan dengan mudah diingat publik dan akan lebih terkenal. Penggunaan slogan yang berhasil terlihat dari seberapa jauh masyarakat mengenal slogan tersebut. Bila slogan berhasil, hanya dengan mendengar slogannya, orang-orang akan mengetahui jenis produk yang memakai slogan tersebut. Sehingga kalimat-kalimat yang digunakan dalam slogan harus kreatif dan juga tidak ketinggalan zaman agar masyarakat makin mudah mengingatnya.
b. Kalimat Persuasif
Kalimat persuasif merupakan kalimat bertujuan membujuk dan meyakinkan pembaca agar melaksanakan atau menerima gagasan penulis terhadap suatu hal.
c. Menggunakan subjek orang pertama
Biasanya teks iklan menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak, seperti aku, saya, dan kami untuk mengganti pihak atau instansi pemasang iklan

Menyusun Teks Iklan, Slogan, atau Poster

Guna membuat iklan yang baik dan menarik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, sehingga iklan akan efektif dan memberikan manfaat terhadap produk yang ditawarkan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahasa. Bahasa yang dipakai dalam pembuatan iklan harus mampu mengarahkan target audience untuk membeli, menggunakan, atau beralih ke produk jasa yang diiklankan.

Jika ingin menghasilkan iklan yang menarik, kalian perlu memerhatikan langkah-langkah penting dalam pembuatannya, terutama dalam menulis teks iklan. Terdapat beberapa langkah dalam penulisan teks iklan yang perlu kalian perhatikan dengan baik, yaitu sebagaiberikut.
a. Menentukan Tema
Tema iklan dapat ditentukan dengan jenis barang atau jasa yang akan diiklankan. Tema dapat dimulai dengan keunggulan barang yang akan diiklankan.
b. Mengumpulkan Bahan
Bahan yang diperlukan untuk membuat iklan yang berhubungan dengan barang atau jasa yang akan diiklankan.
c. Menyusun Kerangka
Sebelum menyusun kerangka, kita perlu menentukan media iklan yang akan digunakan. Media tersebut adalah media cetak dan media elektronik.
d. Mengembangkan Kerangka
Kerangka teks untuk penulisan iklan yang telah kalian buat dapat dikembangkan dan menjadi teks iklan yang padu. Kalian juga tetap perlu memerhatikan susunan kerangka yang sudah kalian buat sebelumnya dalam penulisan teks iklan. Hal itu perlu dilakukan agar informasi yang ditulis tidak kurang dan terlalu berlebihan yang akhirnya tidak menarik hati konsumen.

Menyunting Teks Iklan, Slogan, atau Poster

Iklan, slogan, atau poster yang telah disajikan terkadang memiliki kesalahan atau kekurangan. Sehingga kalian perlu menyuntingnya dengan melakukan langkah-langkah berikut.
a. Perhatikan dengan teliti setiap kata, ilustrasi, atau kalimat dalam teks iklan!
b. Cari kekurangan dan kelebihan yang ada dalam teks iklan tersebut, barangkali kita justru tidak tertarik dengan iklantersebut!
c. Bandingkan dengan iklan sejenis yang menurut kalian lebih menarik daripada iklan sebelumnya!
d. Sunting struktur teks iklan, apakah sudah sesuai urutan!
e. Apabila masih belum ideal, perbaiki bagian penjelasan teks iklan, dan perbaiki pula kaidah kebahasaan teks iklan tersebut!

Contoh Teks Iklan

Biarpintar memberikan contoh iklan YAKULT dalam bentuk poster agar lebih mudah dpahami:
teks iklan img poster yakult
Dalam contoh teks iklan di atas, terdapat keterangan produk berisi deskripsi produk, manfaat produk, dan kandungan produk. Bahasa yang digunakan bahasa yang mudah dipahami dan persuasif. Jika melihat poster atau flyer tentang iklan tersebut, tentunya menarik bukan?

Contoh Slogan

Berikut adalah slogan-slogan dari iklan produk-produk ternama:
1. Cintai ususmu, minum Yakult tiap hari.
2. Ada aqua?
3. Orang pintar, minum tolak angin.
4. Sprite, nyatanya nyegerin.
5. Susu saya, susu bendera.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*