Materi SMP K13 Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Semester 1 Bab 1 Letak Geologis Indonesia

Letak Geologis Indonesia

Letak Geologis Indonesia-BiarPintar.Com – Dalam pelajaran ilmu pengetahuan sosial terutama bidang studi geografi, kita pernah mendengar istilah letak geologis. Sebenarnya apa yang dimakasud dengan letak geologis? Letak geologis merupakan lokasi dari sebuah kota, Negara, benua, ataupun pulau berdasarkan kondisi geologis yang ada. Jadi, setiap lokasi tersebut memilki kondisi geologis yang berbeda-beda. Kondisi geologis ini mengacu pada lempengan-lempengan bumi yang berada di lapisan atmosfer pada lokasi tersebut, dangkalan, dan berbagai macam aspek geologis lainnya yang ada pada lokasi sebuah kota, pulau, benua ataupun sebuah Negara.

Letak Geologis Indonesia

Letak geologis adalah letak suatu negara atau daerah berdasarkan struktur batuan yang ada di muka bumi. Letak geologis Indonesia dilalui oleh dua jalur pegunungan muda, yaitu Sirkum Pasifik danSirkum Mediterania (Sirkum Alpen Banda). Pengaruh pertemuan dua sirkum di wilayah Indonesia memiliki banyak gunung api (vulkanik) yang membawa kesuburan tanah, tetapi menyebabkan wilayah kita rawan gempa bumi.

Letak Geologis Indonesia img peta tektonik dan gunung berapi di indonesia
Gambar 1.22 Peta Tektonik dan Gunung Berapi di Indonesia
Sumber: http://lh5.ggpht.com/_hrjG3GT7hbQ/SZOn5BDpl3I/AAAAAAAAAdE/LAyZNLgnmvI/s400/Lempeng%20Indonesia.JPG

Kesuburan tanah di Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Kesuburan tanah di Indonesia ini menjadi salah satu faktor pendorong terciptanya keanekaragaman hayati di Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi.
Susunan lapisan pegunungan di Indonesia erat hubungannya dengan sistem pegunungan yang ada di Indonesia. Daerah Indonesia bagian barat dilalui oleh deretan Pegunungan Muda Mediterania merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Himalaya dengan sifat batuan basah. Sedangkan, daerah Indonesia bagian tengah dan timur merupakan deretan Pegunungan Sirkum Pasifik dengan sifat batuannya asam.

Letak geologis Indonesia dapat dijelaskan sebagai berikut:

Indonesia merupakan bagian dari dua buah rangkaian pegunungan besar di dunia, yaitu rangkaian Pegunungan Mediterania dan Sirkum Pasifik

Letak geologis suatu negara juga dapat diartikan sebagai letak negara tersebut berdasarkan keadaan bebatuan yang ada di dalam perut bumi. Untuk Indonesia, lapisan bebatuan yang ada di dalamnya sangat berkaitan erat dengan sistem pegunungan Indonesia. Indonesia terletak pada pusat pertemuan dua pegunungan muda, yaitu pengunungan Sirkum
Mediterania dan pegunungan Sirkum Pasifik. Wilayah Indonesia bagian barat dilalui oleh pegunungan Sirkum Mediterania, sedangkan wilayah Indonesia bagian tengah dilalui oleh pegunungan Sirkum Pasifik.
Letak Geologis Indonesia img jalur sirkum pasifik dan mediterania
Gambar 1.23 Jalur Sirkum Pasifik dan Mediterania
Sumber: https://artistiksebelasduabelas.files.wordpress.com/2014/11/1.png

Indonesia terletak pada pertemuan lempeng litosfer

Indonesia terletak pada pertemuan lempeng litosfer, yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik. Hal ini juga yang menyebabkan kenapa di Indonesia sering terjadi gempa bumi. Gempa bumi dapat terjadi karena tumbukan antar lempeng. Hal tersebut karena Indonesia terletak diantara tiga lempeng utama dunia, maka kemungkinan terjadi gempa bumsi di Indonesia sangat besar dibandingkan dengan negara­negara lain di dunia. Sebagian besar wilayah di Indonesia sangat rawan terhadap gempa, kecuali wilayah Kalimantan.

Gambar 1.24 Teori lempeng
Sumber: http://4.bp.blogspot.com/­6GWvGw1cxI0/UYOL5MVimfI/AAAAAAAAAY8/qYjumAjshu4/s1600/tektonik+lempeng+3.png

Indonesia terletak pada tiga daerah dangkalan

Indonesia terletak pada tiga daerah dangkalan, yaitu Dangkalan Sunda, Dangkalan Sahul, dan daerah laut pertengahan Australia-­Asiatis. Dangkalan itu sendiri adalah wilayah laut dangkal yang menghubungkan wilayah daratan yang sangat besar (dapat negara, kawasan, ataupun benua). Dangkalan sunda berada di daerah Indonesia bagian barat yang berhubungan langsung dengan Benua Asia. Dangkalan ini mencakup wilayah Semenanjung Malaysia, Sumatera, Jawa, Madura, Bali, dan pulau­pulau kecil di sekitarnya. Sedangkan, Dangkalan Sahul berada di Indonesia bagian timur yang berhubungan langsung dengan Benua Australia. Dangkalan Sahul mencakupi wilayah yang sangat luas, membentang dari bagian utara Papua hingga bagian utara Benua Australia.

Gambar 1.25 Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul
Sumber: http://lh3.ggpht.com/_E7c5SIBsNaw/TIfUUwp84xI/AAAAAAAAAGI/Hk2OtPsewsI/image_thumb9.png?imgmax=800

Keberadaan Dangkalan Sahul dan Dangkalan Sunda ini memiliki arti penting untuk keanekaragaman hayati di Indonesia. Selain itu, hal ini juga mempengaruhi kesamaan flora­-fauna di Benua Asia dan Benua Australia. Wilayah Indonesia bagian barat, flora dan faunanya memiliki kesamaan dengan flora­fauna di Benua Asia, sedangkan untuk wilayah Indonesia bagian timur, flora-­faunanya memiliki kesamaan dengan flora­-fauna di Benua Australia. Sedangkan untuk wilayah Indonesia bagian tengah, flora-faunanya sebagian besar merupakan khas Indonesia yang tidak memiliki kesamaan dengan flora-fauna di Benua Asia maupun Benua Autralia.

Dampak Letak Geologis Indonesia

Dampak letak geologis Indonesia yang berupa dampak positif meliputi:

1. Wilayah Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak tambang emas, perak, dan besi. Hal ini terjadi karena adanya aktivitas tektonik.
2. Wilayah Indonesia memiliki gunung api aktif yang dapat menyebabkan tanah di wilayah Indonesia menjadi gembur dan subur.
3. Wilayah Indonesia Memiliki sumber kekayaan laut yang melimpah dan perdagangan dunia yang lancar, hal ini dikarenakan wilayah Indonesia memiliki perairan yang luas dan dilalui oleh kapal.
4. Wilayah Indonesia kaya akan flora dan fauna yang disebabkan karena adanya dua dangkalan yang dilalui wilayah Indonesia.

Dampak letak geologis Indonesia yang berupa dampak negatif meliputi:

1. Wilayah Indonesia merupakan wilayah yang rawan gempa bumi, gunung meletus dan bencana lainnya. hal ini dikarenakan wilayah Indonesia banyak terdapat gunung api.
2. Sering terbentuknya gunung api ditengah laut yang dapat menyebabkan terjadinya bencana seperti gunung meletus dan tsunami.

Keuntungan Letak Geologis Indonesia

Beberapa keuntungan letak geologis Indonesia adalah sebagai berikut:

1.Terjalinnya akulturasi antara budaya lokal dengan budaya baru
2.Berada di jalur lalu lintas internasional perdagangan dunia.
3.Sebagai pusat perekonomian diantara dua benua dan dua samudra
4.Memudahkan untuk mengenalkan budaya Indonesia ke luar
5.Menambah devisa negara karena terletak pada jalur perdagangan
6.Perkembangan destinasi wisata yang baik

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*