Soal K13 Bahasa Indonesia Kelas 9 Bab 2 Semester 1 Paket 1

Soal K13 Bahasa Indonesia Kelas 9 Bab 2 MeMenyampaikan Pidato Persuasif Paket 1 

 

    Soal K13 Bahasa Indonesia Kelas 9 Bab 2 MeMenyampaikan Pidato Persuasif Paket 1

Contoh Soal K13 Bahasa Indonesia Kelas 9 Bab 2 MeMenyampaikan Pidato Persuasif Paket 1.
Tipe soal ada tiga, bagian A merupakan soal pilihan ganda, bagian B merupakan soal isian pendek, dan bagian C merupakan soal uraian.
Pada bagian akhir latihan soal ini terdapat juga kunci jawabannya.

Bagian A : 20 soal
Bagian B : 10 soal
Bagian C : 5 soal

 

A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar!

1. Perhatikan penggalan isi dari teks pidato persuasif berikut ini!

Pada era global, sumber daya manusia (SDM) andal merupakan kebutuhan yang mendasar. Usaha untuk mendapatkan (SDM) andal dapat dilakukan melalui berbagai cara misalnya melalui penataran, pelatihan, kursus, lokakarya, seminar atau kegiatan sejenis, cara yang efektif untuk menghasilkan SDM andal yaitu melalui jalur pendidikan dengan mengikuti pendidikan tertentu. Seseorang dapat belajar berdasarkan kurikulum yang terprogaram dan hari efektif yang pasti. Simpulan tersirat dari isi pidato tersebut adalah…..
a. Pada era global, sumber daya manusia (SDM) andal merupakan kebutuhan yang mendasar.
b. Jalur pendidikan dianggap lebih efektif untuk menghasilkan SDM andal.
c. SDM andal dapat dilakukan melalui berbagai cara antara cara pendidikan dan pelatihan.
d. SDM yang andal menjadi kebutuhan mendasar bagi setipa negara baik negara maju dan berkembang.

2. Bacalah teks pidato berikut dengan saksama!

Hadirin yang saya hormati! Assalamualaikum Wr.Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua. ….Ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 yaitu bertanah air satu, tanah air Indonesia, berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Perlu kita renungkan kembali baik-baik mengenai makna SumpahPemuda.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada kutipan pidato tersebut adalah …
a. Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha kuasa karena berkat dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-84
b. Terima kasih, semoga Tuhan Yang Mahakuasa selalu memberikan berkat dan rahmat-Nya dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-84
c. Marilah sejenak kita bersama-sama merenungkan ikrar Sumpah Pemuda yang dicetuskan para pemuda-pemudi kita
d. Hidup pemuda. Saudara, pernyataan ikrar pemuda terjadi pada tahun1928. Sekarang sudah tahun 2012, jadi sudah84 tahun

3. Kalimat ajakan dalam teks pidato tersebut adalah …
a. Ajakan memanjatkan doa kehadirat Tuhan Yang Maha kuasa.
b. Peristiwa pernyataan ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda.
c. Mari kita berkumpul di tempat ini dalam memperingati Sumpah Pemuda.
d. Mari kita renungkan kembali makna Sumpah Pemuda.

4. Bacalah teks pidato berikut dengan saksama!

Teman-teman seperti yang telah saya uraikan sebelumnya bahwa kenakalan remaja dapat diatasi dengan salah satu cara yaitu menyalurkan kelebihan energi yang dimiliki remaja pada kegiatan yang positif dan dinamis …
Kalimat ajakan yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah…
a. Oleh karena itu, marilah kita bekerja sama mencari jalan keluar untuk kegiatan remaja yang positif dan dinamis agar dapat mengurangi dampak negatif kenakalan remaja.
b. Oleh sebab itu, diharapkan pandangan positif dari orang dewasa terhadap remaja-remaja seperti kita ini.
c. Oleh karena itu, marilah kita tuntut pihak sekolah agar membuka kegiatan ekstrakurikuler sebanyak-banyak demi penyaluran hobi kita.
d. Oleh sebab itu, remaja dan kenakalannya tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan modern ini.

5. Bacalah kutipan paragraf berikut!

Jadi, Saudara-saudara, beribadahlah secara benar. Jauhilah perbuatan yang dilarang Allah agar kita semua selalu berupaya untuk tidak melakukan perbuatan dosa kepada Allahdan orang lain.
. . . . Bukankah melakukan ibadah itu sebenarnya untuk mencegah orang melakukan perbuatan keji dan mungkar? Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah . . . .
a. Marilah kita beribadah dengan sekuat tenaga agar masa depancerah.
b. Marilah kita menjauhi perbutan yang tidak benar dan tidak terpuji.
c. Marilah kita saling membantu, menyayangi, dan menghormati.
d. Marilah kita merenungkan perbuatan baik yang telah kita lakukan

6. Bacalah kutipan teks pidato persuasif berikut!

Orang tua harus mampu memberikan penjelasan yang menginterpretasikan kembali adegan yang ada didalam televisi, mengajak dialog dan berdiskusi agar melatih sikap kritis anak dalam menonton, serta mematikan televise kalua isi siarannya banyak mengandung unsur kekerasan, seksualitas,dan tidak pantas. Disamping itu, orangtua jangan pelit membelikan film bermutu, sehingga anak tidak terjebak dalam tayangan televisi yang tidak menyehatkan.
[…] Pemerintah harus tegas menerapkan undang-undang, sehingga televisi yang sudah membuat banyak pelanggaran, hak siarnya bisa diluruskan, kalau perluditutup sekalian. Pemerintah jangan sampai main mata karena masa depan bangsa adalah yang utama. Industri media harus taat denganregulasi. Industri media hadir bagi negara sebagai penyangga membangun peradabanmasa depan.
Paragraf yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …
a. Anak adalah investasi masa depan. Jangan sampai media televisi membunuh masa depan mereka dan masa depan bangsa ini. Terakhir, hindari menonton televise pada waktu menjelang tidur. Biasakan hal ini. Semakin malam tayangan televisi, biasanya diisi dengan acara yang ditujukan bagi penonton lebih dewasa.
b. Sayangnya, ekologi masyarakat kita belum sepenuhnya menyadari pentingnya media, apalagi pihak televisi hanya mengejar rating. Di samping itu, masih kurang pendidikan media sehat olehagen literasi media, seperti orang tua, guru, dan masyarakat. Dari sini, memilih tayangan yang sehat dan bermutu merupakan keniscayaan di tengah dahsyatnya kejar rating yang dilakukan pihak televisi.
c. Aghata Lily (2014), Komisioner KPI Pusat Bidang Isi, menjelaskan tayangan yang baik adalah yang edukatif.Hal ini bisa dilakukan dengan durasinya tidak terlalu panjang (25-30 menit), nyaman di telinga dan mata, memperhatikan tone atau tempo musik dari tayangan,mencermati iklandalam tayangan anak, mengusung nilai positif, serta memerhatikan warna dan gerakan.
d. Pihak sekolah juga harus mampu memberikan tayangan tandingan, sehingga anak mempunyai tambahan referensi yang bermutu. Sekolah juga harus mendorong anak membuat tayangan tandingan tersebut. Anak diajak menjadi produser, bukan konsumen yang pasif. Dorongan ini sangat penting sehingga anak justru sudah paham sejak dini untuk mengisi tayangan televisi yang tidak menyehatkan, dengan tayangan yang kreatif dan inovatif.

7. Pembicaraan di depan umum yang cenderung bersifat persuasif, yakni berisi ajakan ataupun dorongan pada khalayak untuk berbuat sesuatu, merupakan pengertiandari….
a. Pidato
b. Ceramah
c. Khotbah
d. Sambutan

8. Perhatikan kutipan berikut!

Pemilihan kata-kata oleh masyarakat akhir-akhir ini cenderung semakin menurun kesantunannya dibandingkan dengan zaman saya dahulu ketika kanak-kanak. Hal tersebut tampak pada ungkapan-ungkapan banyak kalangan dalam menyatakan pendapat dan perasaan-perasaannya, seperti ketika berdemonstrasi ataupun rapat-rapat umum. Kata-kata mereka kasar (sarkastis), menyerang, dan tentu saja hal itu sangat menggores hati yang menerimanya. Kutipan di atas termasuk bagian, … .
a. Pembukaan
b. Penutup
c. Salam pembuka
d. Isi

9. Perhatikan kutipan pidato persuasif berikut! (no. 24 –25)
(1) Pergaulan global dan pertukaran informasi juga membawa pengaruh pada pergeseran budaya, khususnya berkaitan dengan nilai-nilai kesantunan itu. (2) Fenomena demikian menyebabkan para remaja dan anggota masyarakat lainnya gamang dalam berbahasa. (3) Pada akhirnya mereka memiliki kaidah berbahasa yang mereka anggap bergengsi, tanpa mengindahkan kaidah Bahasa yang sesungguhnya. (4)Selain itu, kesantunan berbahasa sering pula diabaikan dalam lingkungan keluarga. (5)Padahal, belajar bahasa sebaiknya dilaksanakan setiaphari agar anak dapat menghayati betul bahasa yang digunakannya.
Kalimat yang menyatakan akibat terdapat pada nomor .. .
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

10. Arti kata fenomena dalam kutipan di atas adalah … .
a. Kejadian atau peristiwa yang luar biasa dan menghebohkan
b. Hal yang dapat disaksikan oleh panca indra dan dapat diterangkan secara ilmiah
c. Kejadian yang luar biasa ataumenarik perhatian
d. Awal sebuah kejadian atau peristiwa

11. Perhatikan kutipan teks pidato berikut!

Saya mengucapkan selamat dan terima kasihatas kehadiran teman-temandalam kegiatan pameran seni dan kreativitas dalam rangka menyambut adik-adik siswa kelas tujuh yang baru[ … ]. Apabila dalam penyelenggaraan ini banyak kekurangan, panitia mohonmaaf.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato yang rumpang tersebut adalah…
a. Akirnya kami atas nama panitia mengucapkan selamat mengunjungi pameran seni dan kreativitas ini.
b. Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan yang telah memberikan kesehatan sehingga bisa menyelenggarakan kegiatanini.
c. Demikian sambutan dari saya selaku ketua panita, semoga pameran seni dan kreativitas siswa ini bermanfaat bagi semua.
d. Pameran buku ini merupakan agenda tahunan osis dalam rangka memotivasi para siswa agar gemar membaca.

12. Bacalah kutipan pidato berikut!

Sekolah ini layak menjadi teladan dan tempat bertanya tentang suksesnya mewujudkan kebersihan dan keindahan. Semua ini terwujud karena hasil binaan dari para guru, tokohagama, tokohmasyarakat di lingkungan sekolah kita ini.
Predikat juara, piagam penghargaan,dan hadiah sudah kita raih. Namun, yang terpenting adalah bagaimana kerja sama dan kekompakan mewujudkan sekolah bersih, berseri,hijau, aman,nyaman, dan menyenangkan ini, kita pertahankan.
Bagian penutup untuk tekspidato tersebut adalah …
a. Demikian sambutan singkat ini, mohon maaf jika ada kekurangan. Akhir kata perlu diingat, “Menjadi juara itu gampang diraih tetapi sulit untuk dipertahankan.”
b. Siswa sekalian, sekian dulusambutan ini, dengan harapan dikemudian hari sekolah-sekolah di sekitar kita juga memperoleh juara sebagaimana yang kita dapatkan hari ini.
c. Demikianlah kesan yang saya dapatkan. Semoga lingkungan sekolah kita dapat mencontoh lingkungan sekolah lainnya.
d. Bapak-ibu yang kami hormati cukup sekian dulu pesan ini kami sampaikan. Mohon maaf hadiah yang kita dapatkan dari kejuaraan ini jauh dari yang kita perkirakan.

13. Demikian sambutan yang dapat kami sampaikan. Maafkan atas segala kesalahan, baik yang kami sengaja maupun yang tidak kami sengaja. Marilah kita selalu mendekatkan diri kepada Tuhan untuk menekan angka kenakalan remaja di daerah kita. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi kita semua. Amin.
Cuplikan pidato di atas adalahbagian ….
a. salam pembuka
b. pendahuluan
c. isi
d. penutup

14. Apotek hidup adalah tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat obat yang ditanam di halaman rumah.Tumbuhan yang dipelihara ini dapat dijadikan obat penyakit tertentu. Misalnya pepaya, daunnya berguna untuk menyembuhkan malaria.
Isi kutipan pidato di atas adalah … .
a. pengertian dan manfaat apotek hidup
b. malaria bisa disembuhkan oleh daun pepaya
c. contoh tumbuhan yang ditanam di apotek hidup
d. ajakanmembuat apotek hidup

utipan pidato berikut untuk menjawab soal nomor 15 dan 16!
……..
Untuk menghadapi situasi saat ini, kita harus selalu waspada. Sehubungan dengan isu kenakalan remaja di daerah kita ini, diharapkan orangtua khususnya para wali murid serta para anak-anak tidak perlu merasa cemas.
Bukankah belum ada bukti yangnyata? Namun, kita harus tetap waspada.

15. Kalimat pembuka yang tepat untuk melengkapi pidato di atas adalah. …
a. Bapak-bapak, Ibu-ibu wali murid, serta anak-anak
b. Mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa
c. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf
d. Salam sejahtera bagi kita semua

16. Kalimat perbaikan kutipan pidato yang dicetak miring adalah.…
a. Sehubungan dengan isu kenakalan remaja di daerah kita ini, diharapkan orangtua khususnya para wali murid serta para anak-anak, tidak perlu merasa cemas
b. Sehubungan dengan isu kenakalan remaja di daerah kita ini, diharapkan orangtua khususnya, para wali murid serta para anak-anak tidak perlu merasa cemas
c. Sehubungan dengan isu kenakalan remaja di daerah kita ini, diharapkan orangtua khususnya para wali murid serta para anak tidak perlu merasa cemas
d. Sehubungan dengan isu kenakalan remaja di daerah kita ini, diharapkan orangtua khususnya para wali murid-wali murid serta para anak-anak tidak perlu merasa cemas

17. Bacalah teks pidato berikut ini!
Selanjutnya pada kesempatan yang berbahagia ini, sebagai ketua kelas terpilih saya ingin mengajak semua para teman-teman untuk menjaga kerukunan daripada kita. Dengan demikian, segala kegiatan belajar mengajar dapat berjalan lancar. Kalimat pembuka yang tepat untuk mengawali pidato di atas adalah ….
a. Pertama-tama sebagai ketua kelas saya merasa kagum karena bisa terpilih menjadi ketua kelas.
b. Pertama-tama sebagai ketua kelas menyampaikan kepada teman-teman bahwa kelas kita harus rapi.
c. Pertama-tama sebagai ketua kelas saya mengucapkan terima kasihatas kepercayaan teman-teman kepada saya.
d. Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih dan merasa bangga.

18. Cermati topik pidato dan kalimat persuasif yang terdapat dalam paragraf tersebut!

Topik: Kesehatan usus (1) Saudara, data yang dikeluarkan US National Library menyebutkan kanker usus menempati urutan ke-2 penyebab kematian sedangkan di Indonesia dari RSCM Jakarta menyebutkan,setiap tahun menerima lima puluh pasien baru penderita kanker usus. (2) Kanker usus terjadi karena transit makanan dalam usus besar dalam waktu yang lama dan ditandai oleh buang air besar tidak setiap hari. (3) Hal ini akan menyebabkan zat karsinogenetik (penyebab kanker) dalam makanan mengendap pada dinding usus sehingga memicu pertumbuhan kanker. (4) Untuk mencegah kanker usus sebaiknya kita mengubah pola makan dari yang banyak mengandung lemak menjadi makanan yang kaya serat. (5) Penuhilah kebutuhan serat Anda dari sayur-sayuran dan buah-buahan segar. (6) Saat ini untuk mendapatkan buah-buahan segar tidaklah sulit karena hampir setiap pojok di tepi jalan terdapat penjual buah.
Kalimat persuasif pada kutipan pidato tersebut yang sesuai dengan topik adalah nomor….
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5)

19. Yang termasuk ciri pidato adalah .…
a. Merupakan jenis berbicara dua arah, dalam hal ini, orang lain berperan sebagai penyimak atau pendengar.
b. Seseorang yang berpidato akan terus berbicara dan akan berhenti ketika disela oleh pendengarnya.
c. Masalah yang disampaikan biasanya materi pokok pikiran atau gagasan-gagasan yang dimilikinya yang bersifat subjektif adakalanya juga objektif.
d. Biasanya pidato dilakukan dalam acara-acara resmi dan santai.

20. Dasar-dasar yang harus dimiliki seorang Orator adalah.…
a. Kemampuan berkomunikasi dan Pengetahuan tentang materi
b. Penampilan yang terkesan mewah dan vokalisasi yang tepat
c. Tingkat kredibilitas yang tinggi dan kemampuanhumoris
d. Kesopanan dalam bertutur danramah dalam bersikap

 

B. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang benar!

1. Penyampaian uraian secara lisan tentang sesuatu di depan umum disebut ….
2. Pidato persuasif bertujuan untuk memengaruhi, mengajak, atau membujuk pendengar untuk mengikuti keinginan kita secara ….
3. Salam pembuka, ucapan penghormatan, dan juga ucapan syukur termasuk bagian….
4. Menyebutkan orang yang dianggap lebih tinggi jabatannya terlebih dahulu dan kemudian seterusnya sampai berada pada jabatan paling bawah adalah bagian yang disebut sebagai….
5. Penjelasan secara detail dan juga jelas mengenai apa yang disampaikannya kepada para pendengar terletak pada bagian….
6. Kata yang hanya memiliki arti gramatikal dan tidak memiliki makna leksikal, sehingga maknanya bisa menjadi jelas jika dihubungkan dengan kata lain disebut ….
7. Berpidato dengan membaca naskah/teks yang sudahdisiapkan sebelumnya disebut metode…
8. Penyampaian argumentasi yang berisi penentuan persetujuan pendengar adalah….
9. Contoh, tabel, gambar, dan kutipan berfungsi untuk mendukung…..
10. Berpidato dengan membuat catatan kecil secara garis besarnya kemudian orator menjelaskan panjang lebar secara langsung tanpa membaca teks merupakan metode….

 

C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!

1. Sebutkanciri-ciri teks pidato persuasif!
Jawab :
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

2. Sebutkan bagian-bagian dari pidato!
Jawab :
________________________________________________________________________________
________________________________________________________________________________
________________________________________________________________________________

3. Sebutkan ciri kaidah kebahasaan teks pidato persuasif! Bacalahpidato di bawah ini!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah mempertemukan kita pada hari ini dalam suasana yang penuh rahmat hidayah dan inayahnya.
Sollawat serta salam, senantiasa tercurah kepada baginda nabi besar, nabi Allah Muhammad saw, karena kita selalu mengharapkan syafaat beliau, di dunia maupun diakhirat nanti
Yang sangat saya hormati ibu Eva Agustinah s.pd yang InsyaAllah dimuliakanAllah, Yang saya cintai rekan-rekan kelas 9D yang berbahagia,
Pada kesempatan yang mulia ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato yang berjudul “Pentingnya Rasa Solidaritas Diantara Kita”
Hadirin Sekalian,
Solidaritas itu sangatlah penting, karena dengan solidaritas itu kita akan mudah mencapai tujuan yang kita inginkan. Solidaritas itu artinya kekompakan, kesetiakawanan dan kebersamaan. Kita sebagai generasi muda, haruslah mempunyai rasa solidaritas diantara kita semua.
Karena apa ?Karena dengan solidaritas tersebut. Kita bisa membangun Bangsa dan Negara ini menjadi lebih baik lagi, dan lebih maju lagi.
Wahai sahabatku, mari kita ingat kembali kisah kepahlawanan pemuda tempo dulu. Mereka dengan kompak, mereka dengan gagah berani, melawan bangsa-bangsa yang menjajah negri yang kita cintai ini.
Kita sebagai generasi muda, janganlah menyalah gunakan rasa solidaritas tersebut kedalam yang negatif, janganlah bersama-sama melakukan perampokan, pembegalan, dan pemalakan. Janganlah bersama-sama melakukan tawuran,baik antar kelas, antar sekolah, antar kampus ataupun antar masyarakat.
Tapi, gunakanlah rasa solidaritas tersebut kearah yang positif. Seperti, bekerja sama dalam hal kebaikan, bekerjasama di dalam menyelesaikan tugas praktek di sekolah, bekerja sama di dalam menjaga kenyamanan dan kebersihan kelas, ataupun bekerjasama di dalam mengharumkan nama sekolah,bangsa dan negara.

Hadirin yang berbahagia,
Jadi marilah kita simpulkan, bahwasanya kita sebagai generasi muda, sudah sepantasnyalah mempunyai rasa solidaritas yang tinggi, karena dengan begitu akan terjalinlah persahabatan diantara kita, kekeluargaan diantara kita, kesetiakawanan diantara kita,dan kecintaan diantara kita bersama, sungguh indah dunia ini jika dihiasi rasa sayang menyayangi dengan sepenuh hati diantara kita bersama.
Semoga dengan sering turunnya limpahan air hujan seperti akhir-akhir ini, kita juga mendapatkan turunnya limpahan rahmat dari Allah SWT, diberikan kesehatan baik jasmani maupun rohani, dimudahkan didalam segala urusan, dilancarkan didalam menuntut ilmu, dijauhkan dalam segala bahaya, dan siap untuk menghadapi Ujian Nasional tahun ini, sehingga kelak mendapatkanhasil yang memuaskan.
Aamiin yarobbal‘alamin. Saudara-saudaraku Hanya ini yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Trimakasih atas segala perhatiannya. Mohon maaf atas segala kekurangannya, dan pada Allah saya mohon ampun. Karna, saya sungguh hanyalah orang yang fakir, fakir ilmu, fakir harta,
Jawab :
________________________________________________________________________________ ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

4. Apakah pesan dari pidato di atas?
Jawab :
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

5. Tuliskan cuplikan pada pidato di atas yang berupa kalimat-kalimat ajakan atau persuasif!
________________________________________________________________________________
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*