Soal Ujian Nasional (UN) SMP Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2015/2016

Soal UN SMP Bahasa Indonesia dan Pembahasannya 2016 – Ujian Nasional Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2015/2016 [Naskah Asli] 

Soal UN SMP Bahasa Indonesia dan Pembahasannya 2016 - Ujian Nasional Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2015/2016 [Naskah Asli] logo

 

Soal UN SMP Bahasa Indonesia dan Pembahasannya 2016 – Ujian Nasional Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2015/2016 [Naskah Asli]

Soal UN SMP Bahasa Indonesia dan Pembahasannya 2016 – Ujian Nasional Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2015/2016 [Naskah Asli].
Tipe soal pada Soal UN SMP Bahasa Indonesia dan Pembahasannya 2016 – Ujian Nasional Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2015/2016 [Naskah Asli] hanya ada satu, merupakan soal pilihan ganda yang terdiri dari 50 butir soal dan disertai kunci jawaban

 

1. Bacalah paragraf berikut!

Penyakit gigi pada anak dapat berdampak pada kesehatan masa depannya. Salah satunya adalah struktur gigi yang tak benar karena kerusakan gigi terutama pada gigi susu. Sementara itu, sakit gigi karena gigi berlubang dapat mengganggu aktivitas belajar sehingga prestasi mereka pun akan menurun.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
A. Dampak penyakit gigi pada kesehatan.
B. Kerusakan gigi berlubang mengganggu aktivitas belajar.
C. Sakit gigi berlubang dianggap hal sepele.
D. Gigi susu berlubang menjadikan struktur gigi jelek.

2. Bacalah teks berikut!

(1) Tanaman hias umumnya ditanam di luar ruangan. (2) Namun, ternyata ada juga tanaman hias yang ditanam di dalam ruangan. (3) Bukan sekedar sebagai penghias, beberapa tumbuhan dalam ruangan ternyata mampu membersihkan udara. (4) Tanaman hias tersebut mampu menyerap polutan dan gas-gas berbahaya.

Kalimat utama teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

3. Bacalah teks berikut!

Bung hatta adalah seorang pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan dan kemajuan Indonesia. Sosok Bung Hatta begitu dekat dengan hati rakyat Indonesia karena perjuangan dan sifatnya yang begitu merakyat. Beliau pernah mendapatkan kesempatan belajar di Belanda. Sebelumnya, beliau menjadi Ketua Jong Sumatra (1918 – 1921)

Hal yang patut diteladani dari Bung Hatta adalah ….
A. mendapatkan kesempatan belajar di Belanda
B. memperjuangkan kemerdekaan Indonesia
C. menjadi Ketua Jong Sumatra
D. sifat yang begitu merakyat

4. Bacalah teks berikut!

Agus Salim lahir di Minangkabau, Sumatera Barat, tahun 1884. Beliau bersekolah di HBS Jakarta dan menamatkan pendidikannya tahun 1903. Beliau tidak meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, hanya belajar secara autodidak. Agus Salim dikaruniai otak yang cerdas. Berkat ketekunan dan kepandaiannya, beliau dapat menguasai sembilan bahasa asing. Karena kemampuannya itu, beliau memilih profesi sebagai penerjemah Bahasa.

Keistimewaan tokoh tersebut adalah ….
A. bersekolah di HBS Jakarta
B. menguasai sembilan Bahasa asing
C. berdisplin tinggi dan rajin bekerja
D. memilih sebagai penerjemah Bahasa

5. Perhatikan bacaan berikut dengan saksama!

Penambahan lahan sudah disadari menjadi kendala dalam pengembangan berbagai sektor. Bertambahnya permintaan lahan dipengaruhi oleh bertambahnya jumlah penduduk. Selain itu, meningkatnya kesejahteraan penduduk membutuhkan pengembangan permukiman untuk tempat tinggal dan pengembangan industri untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ….
A. Sektor industri tidak berkembang karena ketidaksiapan infrastruktur.
B. Pembangunan kawasan industri membantu pembangunan infrastruktur.
C. Dibutuhkan lahan untuk mencapai kesejahteraan pangan.
D. Penambahan lahan dipengaruhi oleh jumlah penduduk dan tingkat kesejahteraan.

6. Bacalah teks berikut!

Jumlah warga pengungsi erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Tanah Karo yang datang ke lokasi pengungsian terus bertambah. Mereka mengungsi ke Desa Telagah, Kecamantan Sei Bingei, Kabupaten Langkat. “Ada penambahan pengungsi yang datang dari Tanah Karo, ” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Langkat.

Pernyataan yang sesuai isi teks tersebut adalah ….
A. Warga mengungsi ke Kabupaten terdekat.
B. Jumlah pengungsi Sinabung terus bertambah.
C. Warga mendatangi tempat pengungsian sementara.
D. Akibat erupsi Gunung Sinabung, tanaman mongering

7. Bacalah kedua teks berikut!

Teks I
Minggu dini hari, gempa berkekuatan 6,0 SR melanda California. Gempa ini menyebabkan tiga orang terluka. Paginya korban dapat dievakuasi. Siang hari bantuan tiba di lokasi. Hingga malam penanganan korban terus dilakukan.
Teks II
Kota Johannesburg, Afrika Selatan, diguncang gempa dengan kekuatan 5,3 SR. Pusat gempa berada di Kota Orkney yang berjarak 170 kilometer dari Johannesburg. Sebuah gedung kosong runtuh dan menimpa korban.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ….

Teks I Teks II
A. urutan peristiwa urutan waktu
B. urutan umum-khusus urutan khusus-umum
C. urutan waktu urutan tempat
D. urutan sebab-akibat urutan akibat-sebab

8. Bacalah teks berikut!

Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah. Dengan kebersihan lingkungan, warga sekolah menjadi nyaman. Kenyamanan mereka menjadi factor penunjang keberhasilan belajar bagi siswa. Dengan kenyamanan itu pula, para guru lancar menjalankan tugasnya.
Kebersihan lingkungan sekolah juga mendukung kesehatan warga sekolah. Dengan lingkungan yang bersih, sekolah terbebas dari berbagai penyakit. Penyakit berat maupun ringan tidak akan menyerang warga sekolah.

Ringkasan teks tersebut adalah ….
A. Kebersihan lingkungan sekolah membuat warga sekolah menjadi nyaman dan sehat.
B. Kebersihan lingkungan tidak terpisahkan dengan kesehatan warga sekolah yang nyaman.
C. Kebersihan lingkungan sekolah mendukung keberhasilan dan kesehatan seluruh warga sekolah.
D. Kebersihan lingkungan sekolah akan menjadi penjamin kesehatan dan keberhasilan warga sekolah.

9. Bacalah teks berikut!

(1) Dampak yang dihasilkan oleh sampah sangatlah banyak. (2) Sampah dapat menyebabkan lingkungan menjadi kotor. (3) Selain itu, sampah dapat menjadi sumber penyakit. (4) Kita menginginkan kesejahteraan. (5) Oleh karena itu, sampah seharusnya diolah menjadi kompos.

Perbaikan paragraf yang tidak padu tersebut adalah ….
A. menghilangkan kalimat (4)
B. menghilangkan kalimat (5)
C. mengganti diolah dengan dikemas
D. mengganti selain itu dengan kecuali itu

10. Bacalah dua teks berikut!

Teks I
Dodo adalah anak lebah yang telah ditinggal mati ibunya. Ia memutuskan untuk mengembara hingga ia sampai di gurun pasir yang luas. Di tengah gurun itu, Dodo merasa haus dan lapar. Ia berpikir di mana dapat menemukan makanan.
Dodo bersikeras untuk mendapatkan makanan. Ia terbang kesana kemari mengitari gurun pasir. Dari kejauhan, Dodo melihat air dan makanan. Namun, setelah didekati ternyata hanya hamparan pasir yang luas. Kemudian, Dodo terbang kembali sampai dia mendapatkan makanan.
Teks II
Di tembok rumah yang indah terdapat beberapa ekor cicak. Salah satunya si cicak buruk rupa. Ia tidak memiliki banyak teman. Cicak buruk rupa selalu diejek temannya dan mereka tidak ada yang mau berteman dengannya.
Suatu malam, cicak buruk rupa bertemu dengan nyamuk. Si cicak menceritakan permasalahan yang dihadapinya pada nyamuk. Lalu, nyamuk menasehati cicak buruk rupa bahwa setiap makhluk pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Perkataan nyamuk ini dapat membuat hati cicak menjadi tenang.

Perbedaan nilai moral yang terdapat pada kedua teks tersebut adalah ….

Teks I Teks II
A. Kita harus mensyukuri karunia dari Tuhan. Kita tidak boleh mengejek teman.
B. Kita harus selalu berusaha untuk mendapatkan sesuatu. Kita harus mensyukuri karunia dari Tuhan.
C. Kita tidak boleh menyombongkan kelebihan yang kita miliki. Kita tidak boleh menyerah pada nasib.
D. Kita tidak boleh mementingkan diri sendiri. Kita harus menghibur teman yang mengalami kesusahan.

11. Bacalah teks berikut!

(1) Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia. (2) Lingkungan bermacam-macam, diantaranya lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. (3) Lingkungan tersebut harus dirawat dan dijaga kebersihannya. (4) Jika tidak dirawat dan dijaga, lingkungan akan kotor sehingga menjadi sumber berbagai penyakit. (5) Setiap hari Minggu diadakan kerja bakti.

Kalimat yang tidak padu pada teks tersebut adalah ….
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

12. Bacalah teks berikut!

(1) Usaha pembuatan gula aren di keluarga Eka tetap berjalan meskipun hasilnya berkurang. (2) Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan Eka memanjat semua pohon arennya. (3) Ia hanya memilih pohon yang maih banyak tetesan air niranya. (4) Ia pun tak sanggup memikul semua bambu penampung air nira ke rumah. (5) Sekarang Eka bekerja mati-matian, tanpa kenal lelah dan tak rendah diri. (6) Para tetangganya merasa kasihan padanya. (7) Mereka merasa tidak percaya ada anak yang seperti itu.

Kalimat yang membuktikan Eka pekerja keras adalah ….
A. (4)
B. (5)
C. (6)
D. (7)

13. Bacalah teks berikut!

Ika sedang mengepel lantai, tetapi pikirannya melayang-layang. Baru seminggu tinggal di Jakarta, rasanya dia tak tahan lagi. Walaupun Om Hari dan Tante Erna baik padanya, dia rindu untuk kembali ke desanya. Dia ingat rumahnya, teman-temannya, dan juga orang tuanya. Karena orangtuanya sudah tidak bekerja, Ika dititipkan pada Om Hari dan Tante Erna.
Om Hari dan Tante Erna mau membiayai sekolah Ika. Bila orangtua Ika sudah bekerja kembali dan menginginkan anaknya kembali ke desa, mereka akan mengantarkan Ika ke desa.

Tindakan terpuji tokoh pada teks tersebut adalah ….
A. mengepel lantai
B. membiayai sekolah Ika
C. mengantarkan Ika ke desa
D. rindu untuk kembali ke desa

14. Bacalah teks berikut!

Di ruang tamu, ada seorang majikan sedang duduk santai di kursi. Pembantunya sedang menyapu halaman depan. Majikan tersebut meminta pembantunya yang bernama Amat untuk segera mengambilkan koran. Karena tidak tahu, Amat menanyakan di mana koran tersebut. Setelah diberi tahu, Amat mengambil koran tersebut, lalu minta izin untuk melanjutkan menyapu halaman. Namun, majikan tersebut memerintahkan lagi agar Amat menyapu dan mengepel semua ruangan. Amat pun menjawab dan menyanggupinya.

Watak Amat dalam teks cerpen tersebut adalah ….
A. tekun
B. jujur
C. patuh
D. sombong

15. Bacalah kutipan cerita anak berikut!

Hati Sandra merasa sangat sebal kepada Winda karena ulah Winda yang sangat menjengkelkan. Namun, hatinya juga selalu bertanya-tanya tentang mengapa tidak memaafkannya saja dan mengapa harus terus sebal kepada teman sendiri?
Ketika Sandra mendengar Winda tidak masuk sekolah karena sakit, hatinya memutuskan untuk segera menengok Winda dan menyudahi kekesalannya kepada Winda serta memaafkannya.

Amanat kutipan cerita tersebut yang tepat adalah ….
A. Bekerjalah dengan arif dan bijaksana!
B. Jangan iri pada orang lain yang sukses!
C. Berbuatlah kebaikan kepada siapa pun dan di mana pun!
D. Maafkanlah kesalahan orang lain agar hati tidak merasa kesal!

16. Bacalah kutipan cerita berikut!

“Maaf Bu!” pintaku santun kepada Bu Laras
“Saya mengantuk, Bu”.
“Tidak apa-apa, Sab. Silakan cuci muka kalau kau mengantuk, Sab!”
Serentak seisi kelas menertawakanku dan membuatku malu serta kesal pada diriku sendiri. Leherku terasa sakit karena menahan tangis kekesalanku.
“Sudah-sudah! Anak-anak mengantuk itu manusiawi. Suatu saat kalian bisa saja mengantuk.” Nasihat Bu Laras dengan lembut dan tenang.

Konflik kutipan novel tersebut adalah ….
A. Permintaan maaf Sab kepada Bu Laras.
B. Bu Laras mempersilakan Sab mencuci muka.
C. Sab kesal ditertawakan seisi kelas.
D. Bu Laras menghibur Sab yang kesal.

17. Bacalah teks berikut!

Di hutan lindung di Amerika Serikat, ada dua binatang yang selalu berteman bernama Bee, (lebah) dan Bear, (beruang). Mereka selalu bekerja sama untuk mencari makan, Bear menunjukkan letak bunga yang terdapat nektarnya dan Bee akan membuat madu untuk Bear. Sebab itu, mereka berteman.
Sebenarnya banyak binatang di hutan lindung tersebut yang benci kepada Bear karena Bear mudah emosi, tetapi Bee tetap berteman dengan Bear.
Pada waktu itu, Bee mempunyai cadangan madu yang banyak untuk Bear karena hari ini Bear berulang tahun. Bee merasa terharu dan mengucapkan terima kasih atas kebaikan dan perhatian Bear.

Komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah ….
A. Bear jangan dilawan.
B. Bee binatang yang sabar.
C. Kerja sama Bee dan Bear dapat ditiru.
D. Bee dan Bear mencari makan masing-masing.

18. Bacalah teks berikut!

(1) Irene Sukandar lahir di Jakarta pada tanggal 7 April 1992. (2) Dia adalah Grand Master Catur Putri Indonesia. (3) Dia telah meraih berbagai macam gelar, baik tingkat nasional maupun internasional. (4) Gelar yang berhasil diraihnya seperti: Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW).

Perbaikan penulisan tanda baca pada kalimat (4) yang tepat adalah ….
A. Gelar yang berhasil diraihnya seperti: Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW).
B. Gelar yang berhasil diraihnya seperti Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW), dan Master Fide Wanita (MFW).
C. Gelar yang berhasil diraihnya, seperti: Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW).
D. Gelar yang berhasil diraihnya, seperti Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW).

19. Perhatikan kutipan cerita berikut!

Bibirku tak sanggup lagi untuk berbicara sepatah kata pun. Langsung kunonaktifkan hp ku. Dan kulempar jauh dariku. Aku benar-benar tidak pernah menduga bahwa dia akan pindah. Kabar ini sungguh membuatku kehilangan tulang-tulang rangka yang menopang tubuhku. Badanku terasa sangat lemah dan aku hanya bisa terduduk lemas sambil menggigit guling yang ada di genggamanku.

Latar kutipan cerpen tersebut adalah ….
A. tempat duduk
B. tengah rumah
C. kamar tidur
D. kursi beranda

20. Bacalah teks berikut!

Celengan ayam itu kutimang-timang. Terasa berat di tanganku. Mungkin sudah ada beratus-ratus uang logam dan lembaran ribuan di dalamnya. Mungkin isinya sudah cukup untuk membeli playstation impianku. Tapi, kembali terngiang ucapan ibu tadi siang. “Yan, bagaimana menurutmu kalau celengan ayammu tidak usah kau gunakan untuk membeli playstation, ” ucap ibu lirih.

Nilai moral yang terdapat pada teks tersebut adalah ….
A. gemar menabung
B. bermain playstation
C. membantu orangtua
D. bergaya hidup modern

21. Bacalah teks cerita berikut!

Berbagai pikiran buruk menghantui kepala yang penat dan tubuh yang lelah. Kemanakah engkau gadis kecil? Mungkinkah anak gedongan itu telah tewas? Parameter pencarian demikian luas. Flo bisa saja tidak menuruni lereng menuju ke lembah melainkan naik terus ke puncak atau berjalan berputar-putar mengelilingi lereng, tersesat dalam fatamorgana sampai habis tenaganya.

Simpulan akibat dari konflik tersebut adalah ….
A. Pencarian terhadap tokoh belum berhasil ditemukan.
B. Pencarian tokoh dilakukan di lereng dan di lembah.
C. Pencarian terhadap tokoh dihentikan karena lelah.
D. Pencarian terhadap tokoh dihentikan karena tokoh tewas.

22. Bacalah teks berikut!

Salah satu cara menurukan berat badan adalah dengan membatasi kalori yang masuk ke dalam tubuh. Namun, menghitung kalori setiap makanan tentu sangat menyebalkan. Begitupun menghindari makanan tertentu, seperti Burger atau kentang goring, tentu Anda akan melakukannya dengan berat hati.

Alasan yang tepat tentang kesalahan penulisan huruf kapital pada kata yang bergaris bawah adalah ….
A. burger bukan merupakan istilah asing yang harus dimulai dengan huruf kapital
B. burger adalah nama geografi yang tidak diikuti oleh nama diri geografinya
C. burger adalah kata adopsi yang tidak perlu dimulai dengan huruf kapital
D. burger adalah kata benda yang tidak perlu menggunakan huruf capital

23. Bacalah teks berikut!

Kulkas memiliki fungsi untuk […] makanan dengan suhu di bawah suhu ruangan. Tentunya hal tersebut akan membuat makanan kita jauh lebih awet dibandingkan dengan diletakkan di ruang biasa.

Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….
A. menaruh
B. membuat
C. menyimpan
D. menyembunyikan

24. Bacalah teks berikut!

[…] Pagi itu aku ditunjuk mengikuti lomba menyanyikan lagu wajib dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Aku mendapat juara pertama dalam lomba tersebut.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….
A. Hari itu aku sedih dan bahagia.
B. Hari itu aku bangga dan terharu.
C. Hari itu aku menyesal mengapa aku ditunjuk.
D. Hari itu aku menyesal mengapa aku tidak dapat juara.

25. Perhatikan kalimat berikut!

Dari Timur, Matahari menyapaku dengan malu-malu.

Perbaikan penggunaan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah ….
A. Dari timur, Matahari menyapaku dengan malu-malu.
B. Dari Timur, matahari menyapaku dengan malu-malu.
C. Dari timur, matahari menyapaku dengan malu-malu.
D. Dari Timur, Matahari Menyapaku dengan malu-malu.

26. Bacalah teks berikut!

(1) Hari kemerdekaan ke-70 RI diperingati di pelosok-pelosok nusantara. (2) Berbagai kegiatan diadakan, seperti panjat pinang. (3) Mereka menganggap kegiatan tersebut menumbuhkan sikap cinta tanah air. (4) Namun, ada yang menganggap bahwa kegiatan itu boros karena menghabiskan banyak uang.

Kalimat yang menyatakan mendukung persoalan terdapat pada nomor ….
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

27. Bacalah kalimat berikut!

Banyak buku-buku di perpustakaan itu belum dibaca.

Penggunaan kata banyak pada kalimat tersebut salah karena ….
A. Kata ulang buku-buku sudah bermakna banyak.
B. Kalimat tidak dapat didahului oleh kata bilangan.
C. Kata banyak tidak menunjukkan jumlah yang pasti.
D. Kata banyak tidak dapat diletakkan di awal kalimat.

28. Bacalah teks berikut!

Wartawan : “Bagaimana pendapat Anda tentang kebersihan sekolah ini?”
Narasumber : “Lingkungan sudah bersih, tetapi kelasnya masih kotor.”
Wartawan : “Seberapa penting menjaga kebersihan lingkungan dan apa alasannya?”
Narasumber : “Sangat penting karena kebersihan memengaruhi kesehatan.”
Wartawan : “Program apa yang Anda lakukan?”
Narasumber : “Jumat bersih, Sabtu Indah, dan minggu sehat.”

Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah ….
A. Menjaga kebersihan penting karena kebersihan memengaruhi kesehatan.
B. Kelas kotor karena kebersihan lingkungan tidak diperhatikan.
C. Kesehatan penting karena memengaruhi kebersihan.
D. Lingkungan dan kelas bersih karena program Jumat bersih.

29. Bacalah kalimat berikut!

Pembina OSIS akan memimpin rapat kerja program tahunan tetapi tiba-tiba ia ditugasi oleh Kepala Sekolah untuk rapat di Dinas Pendidikan Kota mewakili beliau.

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah mencantumkan ….
A. tanda koma (,) setelah singkatan OSIS
B. tanda koma (,) setelah kata tahunan
C. tanda titik koma (;) setelah singkatan OSIS
D. tanda titik koma (;) setelah kata tetapi

30. Bacalah kalimat berikut!

(1) Sesampainya di lokasi, penghuni Panti Asuhan gembira menyambut kami.
(2) Tepat pukul 07.00 kami berangkat dengan bus.
(3) Minggu, 30 September 2012, kami berkunjung ke Panti Asuhan.
(4) Setelah 60 menit kami dalam perjalanan lalu tibalah di lokasi.
(5) Semua siswa yang ikut, berkumpul di sekolah pukul 06.00.
(6) Setelah pukul 06.30, peserta diberi pengarahan oleh ketua panitia.

Susunan kalimat pada laporan tersebut yang tepat adalah ….
A. (3), (1), (4), (5), (6), (2)
B. (3), (5), (6), (2), (4), (1)
C. (5), (6), (3), (2), (4), (1)
D. (5), (2), (4), (6), (1), (3)

31. Bacalah kalimat berikut!

Surat itu dikirimkan oleh Susilo, SH a/n PT Megah Abadi.

Perbaikan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ….
A. Surat itu dikirimkan oleh Susilo, S.H. a.n. PT Megah Abadi.
B. Surat itu dikirimkan oleh Susilo, SH a.n. PT Megah Abadi.
C. Surat itu dikirimkan oleh Susilo, SH a/n. PT Megah Abadi.
D. Surat itu dikirimkan oleh Susilo, S.H. a.n. P.T. Megah Abadi.

32. Bacalah kalimat petunjuk berikut!

Petunjuk menulis resensi buku
(1)Meringkas atau mencatat bagian-bagian penting isi buku.
(2)Mendaftar bagian-bagian yang merupakan kelebihan dan kekurangan buku.
(3) Mendata buku yang dibaca.
(4) Memadukan rangkuman dan tanggapan pribadi ke dalam tulisan yang utuh.
(5) Menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan atas isi buku.

Urutan yang tepat petunjuk tersebut adalah ….
A. (3), (1), (2), (5), (4)
B. (3), (1), (4), (2), (5)
C. (4), (2), (1), (5), (3)
D. (5), (2), (4), (3), (1)

33. Cermatilah kalimat-kalimat petunjuk berikut!

Petunjuk menyimpulkan dialog
1. Ciptakan suasana tenang!
2. Pusatkan perhatian pada setiap pertanyaan!
3. Catatan jawaban narasumber!
4. […] 5. Simpulkan hal-hal penting dari awal sampai akhir!

Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah ….
A. Ubahlah kalimat jawaban menjadi kalimat pertanyaan!
B. Jawaban narasumber merupakan hal penting dari dialog tersebut.
C. Simpulkan, pertanyaan dari pewawancara, dengan jawaban narasumber!
D. Catatlah pertanyaan dan jawaban, kemudian simpulkan menjadi paragraf!

34. Perhatikan fakta berikut!

(1) Kementerian Koperasi dan UKM menyiapkan dana hibah Rp54 Miliar.
(2) Gerakan Kewirausahaan Nasioanal 2014.
(3) Menarik pelajar untuk menjadi wiraswastawan muda.

Teks yang sesuai dengan fakta tersebut adalah ….
A. Kementerian Koperasi dan UKM menyiapkan dana hibah sebesar Rp54 Miliar. Dana ini untuk Gerakan Kewirausahaan Nasional. Bantuan ini diberikan ke sekolah-sekolah sebagai wujud kepedulian pemerintah.
B. Gerakan Kewirausahaan sedang digalakkan pemerintah. Sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap dunia pendidikan, Kementerian Koperasi dan UKM menyiapkan dana hibah sebesar Rp54 Miliar.
C. Kementerian Koperasi dan UKM menyiapkan dana hibah sebesar Rp54 Miliar untuk Gerakan Kewirausahaan Nasional 2014. Bantuan ini diharapkan dapat menarik pelajar untuk menjadi wiraswastawan muda.
D. Gerakan Kewirausahaan Nasional 2014 telah berhasil menarik pelajar menjadi wiraswastawan muda. Jumlah dana sebesar Rp54 Miliar merupakan bantuan dari Kementerian Koperasi dan UKM.

35. Perhatikan kalimat berikut!

Team favoritnya tereliminasi pada babak semifinal.

Penulisan kata yang salah pada kalimat tersebut adalah ….
A. team
B. favoritnya
C. tereliminasi
D. semifinal

36. Perhatikan kalimat berikut!

Orang utan biasanya mengonsumsi: buah-buahan, biji-bijian, dan daun-daunan.

Penggunaan tanda baca yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah ….
A. titik (.)
B. koma (,)
C. hubung (-)
D. titik dua (:)

37. Perhatikan data buku berikut!

Judul Buku : Riwayat Sang Pemimpin
Pengarang : Ismail Pamungkas
Penerbit : PT Remaja Rosda Karya Bandung
Keunggulan : Penggunaan bahasa mudah dipahami
Kelemahan :Banyak salah dalam penulisan kata

Paragraf yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah ….
A. Isi buku ini bercerita tentang keadilan dan kebijaksanaan Sang Pemimpin menjadi raja. Tulisannya cukup jelas dan dicetak dengan benar.
B. Bahasa yang digunakan dalam buku ini dapat dipahami dan komunikatif, tetapi pembaca terganggu karena banyak kata yang tercetak salah.
C. Selain menarik, kelebihan buku ini juga dilengkapi dengan gambar yang mendukung isi cerita sehingga mudah dimengerti. Walaupun demikian, buku ini harus dilengkapi dengan kata-kata baku.
D. Buku berjudul Riwayat Sang Pemimpin karya Ismail Pamungkas dengan penerbit PT Remaja Rosda Karya Bandung menggunakan bahasa yang mudah dipahami walaupun banyak kesalahan penulisan kata.

38. Perhatikan kalimat berikut!

Sudah empat minggu mutiara mencari anak Kucing Persianya yang hilang.

Perbaikan penggunaan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah ….
A. Sudah empat Minggu mutiara mencari anak kucing Persianya yang hilang.
B. Sudah empat Minggu mutiara mencari anak Kucing Persianya yang hilang.
C. Sudah empat minggu Mutiara mencari anak Kucing Persianya yang hilang.
D. Sudah empat minggu Mutiara mencari anak kucing persianya yang hilang.

39. Perhatikan kalimat berikut!

Kenaikan daya dasar listrik sangat merepotkan masyarakat kecil.

Perbaikan kata yang bercetak miring adalah ….
A. ongkos, dinikmati
B. tarif, dirasakan
C. harga, merugikan
D. ongkos, menyulitkan

40. Perhatikan kalimat berikut!

Bantuan kepada pengungsi yang dalam bentuk daripada bahan makanan sangat dianjurkan.

Perbaikan kalimat tersebut adalah menghilangkan kata ….
A. yang, daripada
B. dalam, sangat
C. bahan, daripada
D. bentuk, makanan

41. Bacalah teks berikut!

(1) Buku karya Mana Mulyana yang berjudul 8 Mukjizat Rejeki! Rahasia Pedagang Asongan menjadi Milyarder, ini mengajarkan pembaca perlunya konsistensi dalam pengembangan potensi diri. (2) Banyak sosok pengusaha besar dan dan orang hebat awal perjalanannya tidak mulus dan penuh perjuangan. (3) Manusia dilahirkan sebagai sosok juara. (4) Itulah yang harus diyakini dalam meraih impian. (5) Sesulit apa pun tantangan dan hambatan harus dihadapi dengan penuh percaya diri dan pantang menyerah (halaman 105).
(1) Buku setebal 226 ini disajikan secara menarik dan memiliki tahapan-tahapan jelas dalam meraih rezeki. (2) Penjelasannya pun tidak berkutat dalam teori yang melangit, tetapi tawaran-tawaran sangat sederhana dan tidak terduga. (3) Buku ini sangat cocok bagi mereka yang ingin mengembangkan potensi diri, terutama dalam berbisnis. (4) Mereka ingin meraih rezeki yang tidak hanya ajaib, tetapi menjadi mukjizat dalam hidup.

Pernyataan yang merupakan keunggulan buku pada teks tersebut terdapat pada ….
A. paragraf pertama kalimat kedua dan ketiga
B. paragraf pertama kalimat keempat dan kelima
C. paragraf kedua kalimat kesatu dan kedua
D. paragraf kedua kalimat ketiga dan keempat

42. Bacalah teks berikut!

Kura-kura berhasil melewati garis akhir yang telah ditentukan bersama. Semua hewan yang melihat memberi ucapan selamat atas kemenangannya. Sementara itu, tupai yang sombong itu masih tertinggal jauh di belakang. Kura-kura hanya tersenyum. Dia merasa tidak ada yang istimewa.

Tokoh kura-kura pada kutipan cerita tersebut merupakan simbol dari sifat ….
A. Orang yang sederhana, tapi sebenarnya malas.
B. Orang yang suka sombong dan acuh tak acuh.
C. Orang yang suka berbuat jahat dan jahil pada orang lain.
D. Orang yang sederhana dan tidak mau membanggakan diri.

43. Bacalah kalimat berikut!

Gambar itu menggunakan warna dasar putih kebiru-biruan

Makna kata dasar pada kalimat tersebut adalah ….
A. tanah di bagian bawah
B. latar yang menjadi alas
C. bagian yang paling bawah
D. landasan yang paling utama

44. Bacalah kedua teks berikut!

Teks I
Ini akhir dari sebuah perjuangan. Kini Birgita hidup tenteram bersama suaminya, Emilio Chris Pamungkas, walaupun hanya sebagai pedagang asongan di lampu merah TMII.
“Bang, kita harus cepat kasih tahu ibu. Ini masalahnya sudah serius,” kata Birgita suatu hari. Emilio Chris Pamungkas diam sejenak, matanya menerawang ke jendela. “Baik, kita akan minta bantuan ibu lagi, walaupun sebenarnya saya sudah malu, minta bantuan ibu terus,” kata Emilio dengan suara nyaris tidak terdengar.
Emilio dan Birgita memutuskan untuk menikah, Emilio anak tunggal, begitu pun Birgita. Kedua orang tua mereka sebenarnya sama-sama tidak setuju. Namun, karena keteguhannya, kedua orang tua mereka mengalah.
Teks II
Braaaaaakkkk!! Polin menggebrak meja. Dia tampak seperti orang kesurupan. Giginya mengatup dan mengeluarkan suara gemeretuk. Dia marah kepada Fajar yang telah dianggapnya lalai.
Polin dan Fajar sudah berteman sejak di bangku SD. Pertemanan mereka berlanjut ke SMP bahkan mereka berada dalam satu kelas. Mereka saling memahami sifat satu dengan yang lainnya.
Fajar meminta maaf kepada Polin. Dia mengakui kecerobohannya. Polin menerima uluran tangan Fajar. Polin berpesan supaya kali lain lebih berhati-hati. Mereka damai kembali dan untuk merayakannya mereka makan bersama.

Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut adalah ….

Teks I Teks II
A. dimulai dengan garis besar cerita dimulai dengan aksi
B. dimulai dengan garis besar cerita dimulai dengan lokasi
C. dimulai dengan aksi dimulai dengan lokasi
D. dimulai dengan uraian tentang tokoh dimulai dengan garis besar cerita

45. Bacalah teks berikut!

Buku ini menceritakan berbagai macam hewan dan tumbuhan yang hidup di pantai, […] Pembaca tidak merasa kesulitan memahami isi buku. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar sehingga pembaca tertarik untuk membaca buku karya Edy Karsono ini.

Kalimat berisi keunggulan yang paling tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah ….
A. Buku ini ditulis oleh penulis terkenal.
B. Buku ini sangat diperlukan oleh masyarakat.
C. Buku ini sangat tepat dipelajari oleh pelajar.
D. Buku ini ditulis dengan bahasa yang lugas.

46. Bacalah teks berikut!

(1) Indonesia kini memiliki pesawat kepresidenan. (2) Warna pesawat itu didominasi biru di punggungnya dan putih di lambungnya. (3) Tulisan Republik Indonesia terpampang di sisi kanan dan kiri pesawat. (4) Berbagai tanggapan pun terjadi tentang hal ini. (5) Diantaranya, ada yang menyatakan bahwa saat ini belum diperlukan dengan alasan ekonomi dan alasan sosial. (6) Dilihat dari letak geografis Indonesia, presiden tidak mungkin tergantung pada pesawat komersial sehingga perlu pesawat khusus dalam menjalankan tugasnya.

Kalimat yang menyatakan persetujuan adalah ….
A. (3)
B. (4)
C. (5)
D. (6)

47. Bacalah teks berikut!

Rumah itu sudah lama ditinggalkan pemiliknya. Bahkan, beberapa hari yang lalu dipasang plang akan dijual. Namun, rumah besar dan strategic seperti itu tentu harganya sangat mahal. Paling hanya orang iseng saja yang mencoba menghubungi nomer telepon yang di plang itu.

Kata dengan ejaan yang tidak tepat dan perbaikannya pada teks tersebut adalah ….

Tertulis Perbaikan
A. dijual di jual
B. strategik strategis
C. plang pelang
D. nomor nomer

48. Perhatikan kalimat berikut!

Setelah mendapat penjelasan dari Pembina OSIS, akhirnya mereka […] untuk saling memaafkan.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A. bersalam-salaman
B. salam-salaman
C. bersalam-salam
D. bersalam-salaman

49. Bacalah kalimat berikut!

Penduduk Gorontalo yang bermukim di pesisir sungai, pada musim penghujan selalu merasa bangga karena air sungai tumpah.

Perbaikan pilihan kata pada kalimat tersebut yang tepat adalah ….
A. bangga menjadi khawatir, tumpah menjadi meluap
B. bermukim menjadi berumah, tumpah menjadi banjir
C. bangga menjadi khawatir, tumpah menjadi banjir
D. bermukim menjadi berumah, tumpah menjadi meluap

50. Bacalah teks berikut!

Tanaman yang dipupuk dengan pupuk kandang ternyata lebih subur dan tahan terhadap penyakit. Daun dan bunga pada tanaman yang dipupuk dengan pupuk kandang lebih banyak.Tanaman pun terlihat lebih kuat dan sehat.Tanaman yang dipupuk dengan pupuk kimia memiliki daun dan bunga yang lebih sedikit. Selain itu, pupuk kandang mampu menjaga unsur keseimbangan unsur hara dalam tanah sehingga tanaman tetap mendapatkan gizi secara seimbang. Berbeda dengan pupuk kimia yang bisa membuat tanah menjadi rusak.

Perbaikan istilah gizi yang tepat pada teks tersebut adalah ….
A. nutrisi
B. vitamin
C. asupan
D. kalori

Kunci Jawaban Soal UN SMP Bahasa Indonesia dan Pembahasannya 2016 – Ujian Nasional Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2015/2016 [Naskah Asli]

1. Gagasan utama suatu paragraf adalah ide suatu paragraf yang dijelaskan oleh seluruh kalimat dalam paragraf. Gagasan utama paragraf tersebut adalah dampak penyakit gigi pada keseharan.

Jawaban: A

2. Kalimat utama suatu paragraf adalah kalimat yang berisi ide pokok yang dijelaskan oleh kalimat lain. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor (1)

Jawaban: A

3. Hal yang patut diteladani dari tokoh adalah sikap positif seorang tokoh yang dapat dicontoh oleh setiap orang dalam kehidupan sehari-hari.

Jawaban: D

4. Keistimewaan tokoh adalah hal positif dari seorang tokoh yang membuatnya terkenal dan hal tersebut tidak dimiliki oleh tokoh lain.

Jawaban: B

5. Simpulan isi paragraf adalah informasi penting yang didapatkan pembaca sebagai intisari dari seluruh kalimat dalam paragraf tersebut.

Jawaban: D

6. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah jumlah pengungsi Sinabung terus bertambah.

Jawaban: B

7. Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah teks I menggunakan urutan waktu (pagi-siang-malam) sedangkan pada teks II menggunakan urutan tempat (Kota Johannesburg-Kota Orkney).

Jawaban: C

8. Ringkasan suatu teks adalah penulisan kembali suatu teks dalam bentuk singkat berdasarkan ide pokok pada teks tersebut.

Jawaban: A

9. Perbaikan paragraf yang tidak padu adalah menghilangkan kalimat (5), sebab tidak satu ide pokok dengan kalimat lain.

Jawaban: B

10. Perbedaan nilai moral yang terdapat pada kedua teks tersebut adalah pada teks I kita harus berusaha untuk mendapatkan sesuatu, sedangkan pada teks II kita harus mensyukuri karunia dari Tuhan.

Jawaban: B

11. Kalimat yang tidak padu dalam teks tersebut adalah kalimat yang tidak satu ide pokok dengan kalimat lain yaitu kalimat nomor (5).

Jawaban: D

12. Kalimat yang membuktikan Eka pekerja keras adalah kalimat nomor (5) sekarang Eka bekerja mati-matian, tanpa kenal lelah dan tak rendah hati.

Jawaban: B

13. Tindakan terpuji tokoh pada teks tersebut adalah membiayai sekolah Ika. Om Hari dan tante Erna memiliki sikap positif membantu orang lain.

Jawaban: B

14. Watak Amat dalam teks cerpen tersebut adalah patuh.

Jawaban: C

15. Amanat suatu cerita adalah hal positif yang dapat dilakukan oleh setiap orang dalam kehidupan sehari- hari. Amanat dalam cerita tersebut adalah harus memaafkan kesalahan orang lain.

Jawaban: D

16. Konflik kutipan novel tersebut adalah konflik batin Sab saat ditertawakan oleh temannya seisi kelas.

Jawaban: C

17. Komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah kerjasama Bee dan Bear dapat ditiru.

Jawaban: C

18. Perbaikan penulisan tanda baca pada kalimat (4) yang tepat adalah Gelar yang berhasil diraihnya seperti Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW), dan Master Fide Wanita (MFW).

Jawaban: B

19. Latar kutipan cerpen tersebut adalah kamar tidur. (… guling).

Jawaban: C

20. Nilai moral yang terdapat pada teks tersebut adalah membantu orang tua.

Jawaban: C

21. Simpulan akibat dari konflik tersebut adalah pencarian terhadap tokoh belum berhasil ditemukan.

Jawaban: A

22. Alasan yang tepat tentang kesalahan penulisan huruf kapital pada kata Burger adalah burger merupakan kata benda yang tidak perlu menggunakan huruf kapital.

Jawaban: D

23. Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah menyimpan.

Jawaban: C

24. Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah Hari itu aku bangga dan terharu.

Jawaban: B

25. Perbaikan penggunaan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah Dari timur, matahari menyapaku dengan malu-malu.

Jawaban: C

26. Kalimat yang mendukung persoalan terdapat pada kalimat nomor (3).

Jawaban: C

27. Penggunaan kata banyak pada kalimat tersebut salah karena kata ulang buku-buku sudah memiliki makna banyak.

Jawaban: A

28. Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah menjaga kebersihan penting karena kebersihan memengaruhi kesehatan.

Jawaban: A

29. Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah tanda koma (,) setelah kata tahunan, sebab diikuti oleh kata penghubung tetapi.

Jawaban: B

30. Susunan kalimat laporan tersebut adalah berdasarkan urutan waktu (3), (5), (6), (2), (4), (1).

Jawaban: B

31. Perbaikan tanda baca pada kalimat tersebut adalah Surat itu dikirimkan oleh Susili, S.H. a.n. PT Megah Abadi.

Jawaban: A

32. Urutan yang tepat petunjuk tersebut adalah (3), (1), (2), (5), (4).

Jawaban: A

33. Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah ubahlah kalimat jawaban menjadi pernyataan.

Jawaban: D

34. Teks yang sesuai dengan fakta tersebut adalah berupa laporan hasil kegiatan yang didukung dengan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Jawaban: D

35. Penulisan kata yang salah pada kalimat tersebut adalah team seharusnya tim.

Jawaban: A

36. Penggunaan tanda baca yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah tanda titik dua (:).

Jawaban: D

37. Paragraf yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah Buku berjudul Riwayat Sang Pemimpin karya Ismail Pamungkas dengan penerbit PT Remaja Rosda Karya Bandung menggunakan bahasa yang mudah dipahami walaupun banyak kesalahan penulisan kata.

Jawaban: D

38. Perbaikan penggunaan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah Sudah empat minggu Mutiara mencari anak kucing persianya yang hilang.

Jawaban: D

39. Perbaikan kata daya = tariff, merepotkan = dirasakan

Jawaban: B

40. Perbaikan kalimat tersebut adalah dengan menghilangkan kata yang, daripada.

Jawaban: A

41. Penyataan yang merupakan keunggulan buku pada teks tersebut terdapat pada paragraf kedua kalimat kesatu dan kedua.

Jawaban: C

42. Tokoh kura-kura pada kutipan cerita tersebut merupakan simbol dari sifat orang yang sederhana dan tidak mau membanggakan dirinya.

Jawaban: D

43. Makna kata dasar pada kalimat tersebut adalah latar yang menjadi alas.

Jawaban: B

44. Perbedaan pola pengembangan pada kedua teks tersebut adalah pada teks I dimulai dengan garis besar cerita sedangkan pada teks II dimulai dengan aksi.

Jawaban: A

45. Kalimat berisi keunggulan yang paling tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang tersebut adalah Buku ini ditulis dengan bahasa yang lugas.

Jawaban: D

46. Kalimat yang menyatakan persetujuan adalah kalimat nomor (6).

Jawaban: D

47. Perbaikan kata Strategik = strategis.

Jawaban: B

48. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat adalah bersalam-salaman.

Jawaban: D

49. Perbaikan pilihan kata bangga menjadi khawatir, tumpah menjadi meluap.

Jawaban: A

50. Perbaikan istilah gizi yang tepat pada teks tersebut adalah nutrisi.

Jawaban: A

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*