Soal Ujian Nasional (UN) SMP Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2017/2018

Soal UN SMP Bahasa Indonesia 2018 – Ujian Nasional Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2017/2018 [Naskah Asli] 

Soal UN SMP Bahasa Indonesia 2018 - Ujian Nasional Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2017/2018 [Naskah Asli] logo

 

 Soal UN SMP Bahasa Indonesia 2018 – Ujian Nasional Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2017/2018 [Naskah Asli]

Soal UN SMP Bahasa Indonesia 2018 – Ujian Nasional Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2017/2018 [Naskah Asli].
Tipe soal pada Soal UN SMP Bahasa Indonesia 2018 – Ujian Nasional Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2017/2018 [Naskah Asli] hanya ada satu, merupakan soal pilihan ganda yang terdiri dari 50 butir soal dan disertai kunci jawaban

 

1. Bacalah teks berikut!

Untuk mewujudkan lingkungan yang sehat ditempuh dengan beragam upaya. Pertama, diperlukan upaya persuasif untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan yang sehat. Kedua, perlu ditunjukkan contoh nyata peran lingkungan sehat dalam kehidupan. Ketiga, masyarakat perlu dilibatkan dalam setiap kegiatan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

Makna kata persuasif pada teks tersebut adalah ….
A. meyakinkan melalui cara membujuk
B. memberi tahu dengan cara kekerasan
C. meyakinkan dengan memberikan ceramah
D. memberikan imbauan menuju kebaikan

2. Bacalah teks berikut!

(1) Ajakan Pemerintah Propinsi DKI untuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta menimbulkan perdebatan di masyarakat. (2) Kedatangan masyarakat untuk bermain permainan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan. (3) Namun demikian, muncul kekhawatiran masyarakat akan dampak negatif dari permainan itu.

Maksud kalimat nomor (1) pada teks tersebut adalah ….
A. Masyarakat DKI sangat antusias menyambut permainan Pokemon Go.
B. Permainan Pokemon Go dapat dilakukan di Balai Kota Jakarta saja.
C. Tidak semua masyarakat setuju dengan ajakan untuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta.
D. Pemerintah DKI Jakarta melarang masyarakat untuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta.

3. Bacalah teks berikut!

Dalam sebuah penelitian tentang minat baca, hanya 22% responden yang menyukai buku digital. Sebagian besar responden lebih menyukai buku cetak meskipun buku digital memiliki beberapa keunggulan. Selain alasan kenyamanan mata pada saat membaca, sedikitnya judul buku dalam versi digital juga menjadi alasan responden lebih menyukai buku cetak.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ….
A. Kenyamanan mata dalam membaca menjadi alasan memilih buku digital.
B. Hanya sebagian kecil responden menyukai buku digital.
C. Buku digital memiliki banyak keunggulan daripada buku cetak.
D. Koleksi buku digital sangat bagus sehingga disukai oleh responden.

4. Bacalah teks berikut!

(1) Berbagai pihak dilibatkan untuk menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (2) masing-masing pihak memiliki peran yang berbeda-beda. (3) Meskipun terasa berat semua bahu-membahu demi terwujudnya warga sekolah yang literat. (4) Harus diakui bahwa selama ini minat baca warga sekolah sangat rendah.

Kalimat yang menyatakan hubungan pertentangan pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

5. Bacalah teks berikut!

Seseorang akan diuji dengan apa yang dia miliki. Ketika memiliki ilmu, dia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya memanfaatkan ilmu. Ketika mempunyai harta, dia akan diuji dengan keikhlasannya mendistribusikan hartanya untuk orang lain. Di saat menduduki suatu jabatan, ia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya mempertanggungjawabkan wewenang yang diembannya.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
A. ujian hidup seseorang
B. kebahagiaan keluarga
C. seseorang memiliki harta
D. tanggung jawab wewenang

6. Bacalah paragraf berikut!

(1) Terkena serangan jantung adalah pembunuh utama di dunia. (2) Banyak faktor yang membuat seseorang terkena serangan jantung. (3) Salah satu diantaranya adalah tingginya kolesterol dalam tubuh. (4) Jumlah lemak yang dikonsumsi juga menjadi salah satu dari beberapa pemicu kolesterol.

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

7. Bacalah teks berikut!

Bagi anak-anak, bermain merupakan aktivitas yang menyenangkan. Selain itu, bermain dapat digunakan untuk melatih otak si kecil agar siap belajar. Belajar pun bisa menangani emosi. Hal ini dapat diibaratkan otot, kalau tidak dilatih tidak akan terbentuk. Permainan memiliki banyak manfaat bagi anak dalam usia perlembangan.

Simpulan isi teks tersebut adalah ….
A. Bermain tak punya kaitan dengan kecerdasan anak.
B. Setiap anak usia perkembangan perlu diberikan permainan.
C. Permainan dapat memengaruhi kondisi emosional anak.
D. Permainan hanya membuat anak menjadi senang semata.

8. Bacalah teks berikut!

Karakter adalah kunci keberhasilan individu. Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan. Hal tersebut terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan. Perbuatan atau perilaku manusia tersebut berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata karma, budaya, dan adat istiadat.

Pendidikan karakter penting bagi pelajar. Pendidikan karakter tidak hanya diterapkan di sekolah, tetapi di rumah dan di lingkungan sosial. Peserta pendidikan karakter tidak hanya anak usia dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa. Pendidikan karakter penting bagi pelajar karena berguna untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Sudahkah kalian menyadari?

Ringkasan teks tersebut adalah ….
A. Kunci keberhasilan individu adalah pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan social.
B. Karakter adalah kunci keberhasilan individu yang penting bagi pelajar pada usia dini hingga remaja.
C. Pendidikan karakter diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan sosial karena kunci keberhasilan.
D. Karakteristik adalah kunci keberhasilan individu sehingga pendidikan karakter penting bagi pelajar.

9. Bacalah kedua teks berikut!

Teks I
Pensiun merupakan masa seseorang berhenti bekerja. Banyak yang mengalami sindrome saat mendekati pensiun. Makanya sebelum pensiun diberi wejangan dulu.
Teks II
Upaya pembenahan transportasi public terus dilakukan. Selain menambah jaringan rute bus, juga memperbaiki sistemnya.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ….

Teks I Teks II
A. kata tidak baku kata-kata baku
B. istilah asing menggunakan ungkapan
C. bahasa resmi bahasa sehari-hari
D. kalimat tunggal kalimat majemuk

10. Bacalah kedua kutipan cerita berikut!

Kutipan I
“Cepat naik!”
“Tidak biarkan aku sendiri …!”
“Kamu jangan gila, ini tengah malam, kamu mau naik apa? Apakah kamu akan berjalan kaki sampai kos?”Aku terus berjalan. Kurasakan air mataku berderai membasahi pipi. Hatiku sudah terlanjur sakit …
Kutipan II
Sebelum jam 5, Min sudah berkemas. Kira-kira setengah jam kemudia dia nampak seperti astronot siap ke angkasa. Jaket , helm, dan handuk kecil menjadi kostum resminya. Jam setengah enam, pelanggan pertamanya adalah Rusmi, bakul sayuran di Pasar Legi. Hampir semua langganan ojeknya adalah pedagan sayur. Sekitar jam 9, Min baru nongkrong di pangkalan ojek sampai sore.

Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tersebut adalah dimulai dengan ….

Kutipan I Kutipan II
A. latar cerita aksi tokoh
B. aksi tokoh masalah yang harus diselesaikan
C. garis besar cerita aksi tokoh
D. aksi tokoh garis besar cerita

11. Bacalah kutipan cerita berikut!

Nasib orang tidak pernah diduga. Benar kata orang bijak, jodoh, mati, bahagia dan celaka, itu rahasia Tuhan. Manusia hanya bisa berikhtiar, tetapi Sang Kuasa yang menentukan. Namun, bukan berarti harus pasrah. Berusaha adalah jalan terbaik. Bahkan, disukai Tuhan. Banyak orang yang tadinya biasa saja, tiba-tiba setelah sekian waktu jadi orang luar biasa. Ketua RT yang tiga tahun mengabdi itu telah menjadi orang penting di perusahaan yang sudah berdiri bertahun lamanya. Ia tengah dipercaya menjadi tangan kanan pimpinan perusahaan itu.

Makna ungkapan tangan kanan pada kutipan cerita tersebut adalah ….
A. orang kesayangan
B. orang kepercayaan
C. orang kebanggaan
D. kekeluargaan

12. Bacalah kutipan cerita berikut!

Di sekolah mereka, murid-murid sedang heboh mengenai wangi bunga yang sangat menyengat saat jam istirahat.
“Wangi apaan nih?”
“Ha …kok wanginya kayak melati.”
“Aku heran dari mana sih datangnya wangi melati ini.”
“Gimana kalau kita cari tahu dari mana asalnya wangi melati ini. Setuju gak?” tanya Keisha.
Mereka berusaha menyusun strategi yang akan dilakukan nanti malam.

Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan cerita tersebut adalah ….
A. di kelas Keisha ada bunga melati
B. murid-murid menyenangi wangi bunga melati
C. murid-murid mendiskusikan cara merawat bunga melati
D. Keisha dan teman-teman ingin mencari sumber wangi di kelasnya

13. Bacalah teks berikut!

Nama NH. Dini merupakan singkatan dari Nurhayati Srihardini. Nh Dini dilahirkan pada tanggal 29 Februari 1936 di Semarang. Ayahnya, Salyowijoyo, seorang pegawai perusahaan kereta api. Ibunya bernama Kusaminah. Bakat menulis Dini tampak sejak berusia sembilan tahun. Dini bercita-cita menjadi dokter hewan. Namun, ia tidak dapat mewujudkan cita-cita itu karena orangtuanya tidak mampu membiayainya. Ia hanya dapat mencapai pendidikannya sampai sekolah menengah atas jurusan sastra. Dini menambah pengetahuan di bidang lain, yaitu menari Jawa dan memainkan gamelan. Meskipun demikian, ia lebih berkonsentrasi pada kegiatan menulis. Hasil karyanya yang berupa puisi dan cerpen dimuat dalam majalah Budaya dan Gadjah Mada di Yogyakarta (1952). Pada tahun 1955, ia memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio dalam Festival Sandiwara Radio di seluruh Jawa Tengah.

Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah ….
A. Anak seorang pegawai perusahaan kereta api dan ibu rumah tangga.
B. Dini bercita-cita menjadi dokter hewan ternama secak kecil.
C. Dini memiliki bakat menulis sejak berusia sembilan tahun.
D. Dini memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio se-Jawa Tengah.

14. Bacalah teks berikut!

Adam Malik Batubara lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara, 22 Juli 1917. Semenjak kecil ia gemar menonton film koboi, ,membaca, dan fotografi. Beliau pernah menjadi Menteri Perdagangan, Menteri Luar Negeri, lalu Ketua DPR, hingga puncak karirnya sebagai Wakil Presiden Indonesia ke-3. Adam Malik menempuh pendidikan dasarnya di Hollandsch-Inlandsche School Pematangsiantar. Ia melanjutkan ke Sekolah Agama Parabek di Bukittinggi, namun hanya satu setengah tahun saja karena kemudian pulang kampong dan membantu orang tua berdagang. Di sela-sela kesibukan barunya itu, ia banyak membaca berbagai buku yang memperkaya pengetahuan dan wawasannya. Pada usia 20 tahun, ia bersama dengan Soemanang, Sipahutar, Armijn Pane, Abdul Hakim, dan Pandu Kartawiguna memelopori berdirinya Kantor Berita Antara pada 1937.

Hal yang patut diteladani dari tokoh pada teks tersebut adalah ….
A. menjadi Menteri Perdagangan, Menteri Luar Negeri, dan DPR
B. banyak membaca buku yang memperkaya pengetahuan dan wawasannya.
C. pelopor berdirinya Kantor Berita Antara pada tahun 1937
D. gemar menonton film koboi, membaca, dan fotografi

15. Bacalah kutipan cerita berikut!

Pembuatan candi kurang satu, tetapi apa hendak dikata, roh halus berhenti mengerjakan tugasnya dan tanpa bantuan mereka tidak mungkin Bandung Bondowoso menyelesaikannya. Keesokan harinya waktu Bandung Bondowoso mengetahui bahwa usahanya gagal, bukan main marahnya. Dia mengutuk para gadis di sekitar Prambanan, tidak akan ada orang yang mau memperistri mereka sampai mereka menjadi perawan tua, sedangkan Roro Jonggrang sendiri dikutuk menjadi arca.

Tokoh utama kutipan cerita tersebut adalah ….
A. Roro Jonggrang
B. Bandung Bondowoso
C. Para Gadis
D. Perawan tua

16. Bacalah kutipan cerita berikut!

Tanah di pekuburan umum itu masih basah ketika para pelayat sudah pulang. Sementara aku masih duduk sambil sesekali menyeka air mata. Ibu yang selama ini paling aku hormati dan sayangi tadi malam telah menghadap Sang Pencipta.

Latar suasana yang tergambar pada kutipan cerita tersebut adalah ….
A. kecewa
B. sedih
C. marah
D. khawatir

17. Bacalah kutipan cerita berikut!

“Namaku Aini,” Aini mengulurkan tangan sambil menyebut namanya.
“O, iya,” jawab gadis yang belakangan diketauhi bernama Deswita itu. Tampaknya anak baru itu agak malas menyambut perkenalan Aini.
“Jika kamu butuh informasi tentang sekolah ini, aku bisa bantu, kok,” lanjut Aini.
“Maaf, deh. Aku tahu dengan siapa aku harus berteman di kelas baruku ini,” Deswita menjawab sambil sedikit menaikkan alis matanya.

Cara pengarang menggambarkan watak tokoh Deswita pada kutipan cerita tersebut adalah ….
A. diceritakan tokoh lain
B. penggambaran fisik
C. tingkah laku tokoh
D. dialog antartokoh

18. Bacalah kutipan teks berikut!

Sepanjang perjalanan pulang, pikiran saya tidak pernah lepas dari sahabat saya yang baik itu. Saya malu. Sebagai sahabat, saya merasa belum pernah berbuat baik padanya. Saya juga tidak yakin akan mampu melakukan seperti yang dilakukannya untuk menolong saya di malam itu. Dia telah membuktikan bahwa keberanian dan rasa tanggung jawab yang besar bisa timbul dari sebuah persahabatan yang tulus.

Mata saya kemudian melirik seragam dinas yang tersampir di sandaran jok belakang. Sebagai jaksa yang baru saja menangani satu kasus perdata, seragam itu belum bisa membuat saya bangga. Nilainya jelas jauh lebih kecil dibanding nilai persahabatan yang saya dapatkan dari sebuah seragam coklat pramuka. Namun dia tidak tahu, dengan seragam dinas itu, sayalah yang akan mengeksekusi pengosongan tanah dan rumahnya.

Makna simbol kata seragam dinas pada kutipan cerita tersebut adalah ….
A. pakaian
B. kedudukan
C. persahabatan
D. baju kehormatan

19. Bacalah kutipan cerita berikut!

Episode kamuflase Kahono akhirnya sampai di titik akhir. Pencitraan diri yang dilakukannya menemui titik balik. Penampilan diri, tutur kata, dan kemurahan hati yang selama ini ditampilkannya telah terkelupas dan menampakkan keasliannya. Kahono tak lebih sebagai tengkulak licik yang siap mencekik leher petani sayur di Karangsari menjadi sesak napas. Menghisap darah dan keringat para pejuang agraris itu demi kemakmuran hidupnya melalui cara yang tak dikenali masyarakat. Kini para petani pun menyadari bahwa selama ini mereka telah tertipu.

Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah ….
A. Jangan melakukan pencitraan diri yang membuat orang lain rugi.
B. Jangan menilai hanya dari penampilan diri orang tersebut.
C. Lindungilah para petani dari segala bentuk kejahatan.
D. Jagalah kesuburan tanah untuk para petani di pedesaan.

20. Bacalah kutipan cerita berikut!

Kenari merasa malu dan kurang percaya diri kalau berkumpul dengan teman-temannya. Tubuhnya kecil dan mengeluarkan bau tak sedap. Teman-temannya serling meledek dan menggodanya. Kenari ingin penampilannya berubah. Dia ingin buktikan kepada teman-temannya bahwa ia bisa tampil bersih dan tidak kalah besar. Kenari pun bangun pagi dan rajin membersihkan diri. Ia tidak malas lagi mencari makan. Berkat ejekan teman-temannya, dirinya membuang jauh-jauh sifat malasnya.

Nilai moral pada kutipan cerita tersebut adalah ….
A. dalam pergaulan harus memusnahkan sikap berkuasa
B. dengan teman harus saling menggoda dan meledek
C. berusahalah menjadi lebih baik agar percaya diri
D. kurang percaya diri hal biasa dalam pergaulan

21. Bacalah kutipan cerita berikut!

“Hai Gemblong!”, sapa teman-teman Daryati dengan nada penuh candaan. Memang ia sering mendapatkan sapaan seperti itu di kelasnya, bahkan juga dari teman kelas lain. Tubuh Daryati tidak gemuk. Sapaan itu diberikan karena ibunya memang seorang bakul gemblong, makanan dari ketela pohon yang dikukus lalu ditumbuk halus. Namun untaian candaan itu tak pernah diperdulikannya meski secara jujur Daryati merasa tak nyaman. Ia merasa mendapat tempat untuk berlatih sabar.

Penyebab konflik yang dialami tokoh pada kutipan cerita tersebut adalah ….
A. sering dipanggil dengan nada ejekan
B. tubuh Daryati gemuk alias gendut
C. ibunya seorang bakul gemblong
D. ia harus bersabar setiap hari

22. Bacalah kedua kutipan cerita berikut!

Kutipan I
Kupu-kupu tersadar dari pingsannya. Namun ia terkejut saat ia tahu bahwa ia sedari tadi pingsan. Tiba-tiba Lalat datang membawa obat-obatan. “Syukurlah kau sudah pulih,” ujarnya senang. Kupu-kupu terkejut karena yang menolongnya adalah hewan yang tadi pagi ia hina. Dia merasa berhutang budi padanya.

“Mm… Terimakasih ya kau mau menolongku, padahal aku telah menghinamu…,” ujarnya malu-malu. “Tidak apa kok, sudahlah kau tiduran saja. Biar aku dapat mengobati sayapmu yang patah.” Kupu-kupu menurut, lalu ia diobati oleh Lalat

Kutipan II
Tersebutlah di padang rumput yang indah nan damai, hiduplah seekor kelinci yang sangat nakal. Setiap hari kerjanya hanya mengusili penghuni padang rumput. Pada suatu hari, si Kelinci bertemu dengan Pak Kijang. Dalam hati, Kelinci berpikir saya kerjain saja Pak Kijang, tapi bagaimana ya? Si Kelinci berpikir sangat keras dan tiba-tiba ada ide nakal sampai di kepalanya. Saya akan pura-pura saja lari ke arah Pak Kijang sambil berteriak Pak Singa ngamuk…Pak Singan ngamuk…Hehehe….

Maka sambil larilah, si Kelinci berteriak, “Pak Singa ngamuk…Pak Singa ngamuk…” Akhirnya, Pak Kijang sekeluarga lari tak beraturan tanpa arah, sampai anaknya Pak Kijang jatuh ke jurang dan tewas seketika.

Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tersebut adalah dimulai dengan….

Kutipan I Kutipan II
A. garis besar cerita masalah yang harus diselesaikan
B. lokasi cerita garis besar cerita
C. lokasi cerita aksi tokoh
D. masalah yang harus diselesaikan garis besar cerita

23. Bacalah kedua kutipan cerita berikut!

Kutipan I
“Bagaimana?” ia penasaran. “Soal pemilihan ketua PKK?” diterkanya apa yang bergerak di balik jidatku.

“Bukan,” aku menidakkan. Ketua PKK terpilih, Ibu Sasongko, kelihatannya tak percaya dengan perkataanku. Wajahnya merah padam seperti menahan amarah.

“Lantas, apa yang kamu tahu?” tanyanya sedikit sinis.

“Maaf, aku nggak tahu apa-apa,” jawabku.

“pandai benar engkau bersilat lidah,” balasnya.

Kutipan II
Suatu pagi terdengar ribut-ribut di luar kamar. Rupanya para penghuni rumah kos dikejutkan berita sakitnya Bu Marta.

Walau terkadang sikap dan kelakuan Bu Marta yang suka buat kesal dan marah penghuni kos lainnya, tetapi penghuni kos tidak menaruh dendam padanya.

Siangnya para penghuni kos berbondong-bondong menjenguk Bu Marta. Sungguh di luar perkiraan Bu Marta, ternyata penghuni kos sangat peduli dengan dirinya.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan cerita tersebut adalah ….

Kutipan I Kutipan II
A. menggunakan kalimat langsung menggunakan kalimat tidak langsung
B. banyak menggunakan majas tidak menggunakan majas
C. menggunakan ungkapan tidak menggunakan ungkapan
D. menggunakan bahasa daerah tidak menggunakan bahasa daerah

24. Bacalah kutipan cerita berikut!

Hampir setiap malam mereka berkumpul bersama, berpesta, menari, dan bergembira. Mereka saling berbagi makanan kecuali seekor belalang yang selalu hidup menyendiri. Ia hanya memandang keramaian dari depan rumahya. Tingkah belalang itu sangat aneh, ia malu karena telah kehilangan sebuah kakinya.

Kebisaan tokoh belalang yang tergambar pada kutipan cerita tersebut adalah….
A. setiap malam berpesta
B. membagi makanan
C. hidup menyendiri
D. aneh dan pemalu

25. Bacalah kutipan cerita berikut!

Motorku melaju dengan cepat, suara ayah dan bundaku masih saja terdengar di telingaku. Aku menambah kecepatan motorku. Aku melewati tikungan yang jalannya licin, sehingga aku tergelincir. Motorku, masih di atas tetapi badanku jatuh ke bawah, seperti masuk jurang. TIdak begitu dalam tetapi sulit untukku naik ke atas karena jurang itu berbentuk sudut 90o. Aku sungguh takut, aku menangis. Di sini sangat gelap, gelap sekali.

Keunggulan kutipan cerita tersebut adalah….
A. akhir cerita mengejutkan sehingga memberikan kesan mendalam
B. isi ceritanya menginspirasi pembaca untuk berhati-hati
C. banyak menggunakan kiasan
D. akhir cerita mudah ditebak oleh pembaca

26. Perhatikan kalimat berikut!

Pemerintahan dari rakyat untuk rakyat adalah perwujudan demokrasi […] zaman ke zaman.

Kata depan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A. di
B. ke
C. dari
D. Pada

27. Perhatikan kalimat berikut!

“[…], ambillah pemberianku ini!” kata Anita sambil menyodorkan bingkisan.

Kata seru yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A. Amboi
B. Hore
C. Nah
D. Wah

28. Bacalah petunjuk berikut!

Petunjuk pemakaian senter:
(1) Tutup kembali bagian yang sudah dibuka.
(2) Buka tutup bagian belakang.
(3) Tekan tombol dengan baik.
(4) Masukkan baterai dengan kepala kea rah depan semua.

Urutan petunjuk pemakaian senter tersebut yang tepat adalah ….
A. (2) – (4) – (1) – (3)
B. (2) – (1) – (3) – (4)
C. (3) – (2) – (1) – (4)
D. (3) – (4) – (2) – (1)

29. Bacalah teks berikut!

(1) Perjalanan wisata ke Kampung Wisata Cinangneng itu akan kami jadikan kegiatan rutin tahunan.
(2) Kami berangkat menuju Kampung Wisata Cinangneng hari Sabtu, tanggal 8 Oktober, pukul 07.00.
(3) Sesampainya di sana banyak temuan yang kami catat sebagai tambahan ilmu pengetahuan.
(4) Objek wisata Kampung Wisata Cinangneng merupakan pilihan utama tujuan wisata kami.
(5) Rombongan kami berjumlah 200 orang dengan 4 bus.

Susunan kalimat laporan yang tepat adalah ….
A. (5) – (2) – (1) – (3) – (4)
B. (4) – (5) – (2) – (1) – (3)
C. (5) – (3) – (2) – (4) – (1)
D. (4) – (2) – (5) – (3) – (1)

30. Perhatikan teks berikut!

Perjalanan hidup Ki Hajar Dewantara benar-benar ditandai dengan perjuangan dan pengabdian pada kepentingan bangsa dan negara. Ki Hajar Dewantara menamatkan Sekolah Dasar di ELS (Sekolah Dasar Belanda), kemudian melanjutkan pendidikannya ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera), […] Akhirnya, ia bekerja sebagai wartawan di beberapa surat kabar, seperti Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut ditandai nomor ….
A. Ia memilih menjadi wartawan daripada menjadi dokter.
B. Ia tidak dapat menamatkan pendidikan di sekolah tersebut.
C. Ia akhirnya menjadi seorang dokter dan bekerja di rumah sakit.
D. Ia berhasil meraih gelar dokter pada sekolah Dokter Bumiputra.

31. Bacalah kutipan cerita berikut!

Bagi Dasuki, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dirasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika Dasuki menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan penghasilannya.

Pengubahan kutipan cerita tersebut menjadi sudut pandang orang pertama yang tepat adalah ….
A. Bagi kami, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kami rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika kami menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur dengan penghasilannya.
B. Bagi dia, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dia rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika dia menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan penghasilannya.
C. Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kurasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, aku bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anakku semata wayang. Dulu, ketika aku menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang aku sangat bersyukur dengan penghasilanku.
D. Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kami rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangku. Dulu, ketika kami menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur dengan penghasilan kami.

32. Bacalah teks drama berikut!

Mata pelajaran yang sedang diujikan adalah matematika. Semua murid terlihat kebingungan dan kewalahan melihat soalnya. Terjadilah percakapan antara lima sekawan, Adi, Budi, Banu, Sita, dan Dini.

Banu : Din, aku minta jawaban soal nomor 5 dan 6!
Dini : A dan C
Sita : Kalau soal nomor 10, 11, dan 15 jawabannya apa Ban?
Banu : 10A, 11D, nomor 15 aku belum.
Adi : Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar!
Sita : Soalnya sulit sekali, masih banyak yang belum aku kerjakan.

Mereka berempat saling mencontek seperti pelajar lainnya. Tapi tidak dengan Budi, ia telihat rileks dan mengerjakan soal ujian sendiri tanpa mencontek.

Cerpen yang sesuai dengan teks drama tersebut adalah ….
A. Kelasku sedang menghadapi ujian Matematika. Aku, Banu, Sita, Dini, dan Adi sangat kewalahan menjawab soal-soal tersebut. Kudengar panggilan Banu kepada Dini, “Din, …soal nomor 5 dan 6 jawabnya apa?” “Nggak tau” jawab Dini, “tanya Sita sana!”
B. Ketika ujian Matematika berlangsung, Banu kelihatan gelisah. Matanya liar, lirik sana, lirik sini. “Din…soal nomor 5 dan 6 apa jawabnya?” ujar Banu penuh harap. “A dan C”, jawab Dini sedikit keras. “Ssst…jangan keras-keras dong, ntar Bu Guru dengar.” Mereka asyik contek-contekan, sementara Budi serius dengan pekerjaannya sendiri.
C. Ujian Matematika sedang berlangsung. Siswa kebingungan melihat soanya. Lima sekawan, Budi, Banu, Dini, Sita, dan Adi pun merasa kewalahan juga. “Din, jawaban soal nomor 5 dan 6 apa?” tanya Banu memecah keheningan ruang ujian. “A dan C”, jawab Dini. “Trus soal nomor 10,11,15 jawabnya apa, Ban?” tanya Sita. “Nomor 10A, 11D, dan nomor 15 aku belum selesai”, jawab Banu. Walaupun keempat temannya saling contek, Budi terlihat rileks dan mengerjakan sendiri soalnya tanpa mencontek.
D. Bu Guru mengadakan ulangan harian. Semua siswa kewalahan melihat soalnya. Begitu juga dengan Banu, Dini, Sita, Budi, dan Adi. Mereka saling contek, termasuk juga Budi. “Soal nomor 5 dan 6 apa jawabnya Din?” tanya Budi. “A dan C,” jawab Dini. “Terus soal nomor 10, 11, dan 15 apa jawabnya Sit?” tanya Adi. “Ssssst….jangan keras-keras!” kata Dini,” ntar Bu Guru dengar.”

33. Bacalah data berikut!

Objek: Museum Mpu Tantular
Jalan Raya Bunduran – Sidoarjo
Waktu: Rabu, 3 Agustus 2016
Tujuan: Mengenal peninggalan sejarah
Hasil: Koleksi benda bersejarah seperti arca, menhir, patung ganesha, pithecanthropus erectus, jenis-jenis batuan, fosil hewan purba, dan lain-lain.

Teks laporan yang tepat berdasarkan data hasil pengamatan tersebut adalah ….
A. Kelompok III mengunjungi objek wisata Museum Mpu Tantular, pada Rabu, 3 Agustus 2016, pukul 10.00 s/d 14.00 WIB. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Bunduran, Sidoarjo. Dengan mengamati objek wisata sejarah Museum Mpu Tantular, semakin memperluas wawasan terhadap benda-benda bersejarah dan mencintai Indonesia yang kaya akan budaya. Mengunjungi Museum Mpu Tantular sekaligus mengenal peninggalan sejarah.
B. Pada hari Rabu, 3 Agustus 2016, kami mengunjungi Museum Mpu Tantular. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Bunduran Sidoarjo.Kegiatan ini dilakukan untuk mengenal peninggalan sejarah. Berdasarkan hasil pengamatan, di dalam Museum Mpu Tantular terdapat koleksi benda-benda bersejarah seperti arca, menhir, patung ganesha, fosil pithecanthropus erectus, jenis-jenis batuan, fosil hewan purba, dan masih banyak lagi koleksi bersejarah lainnya.
C. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Bunduran Sidoarjo. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenal peninggalan sejarah. Berdasarkan hasil pengamatan, di dalam Museum Mpu Tantular terdapat koleksi benda-benda bersejarah, seperti arca, menhir, patung ganesha, jenis-jenis batuan, fosil hewan purba, dan masih banyak lagi koleksi bersejarah lainnya.
D. Pada tanggal 3 Agustus 2016, pukul 10.00 s/d 14.00 WIB. Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Bunduran – Sidoarjo. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenal peninggalan sejarah. Berdasarkan hasil pengamatan, kegiatan ini dapat memperluas wawasan tentang benda-benda bersejarah. Selain itu dapat meningkatkan kecintaan kepada Indonesia

34. Bacalah kalimat berikut!

Tujuan ekspor diantaranya menciptakan iklim perusahaan yang kondusif dan menjaga kestabilan kurs valuta asing.

Pilihan kata yang salah pada kalimat tersebut adalah ….
A. ekspor
B. perusahaan
C. kondusif
D. valuta

35. Bacalah teks berikut!

(1) Sejak pagi, pengurus OSIS sibuk menyiapkan berbagai keperluan untuk acara jalan sehat. (2) Mereka membawa hadiah dari ruang OSIS. (3) Kupon hadiah untuk para peserta jalan sehat telah mereka siapkan juga. (4) Tepat pukul 07.00 semua peserta telah hadir di sekolah.

Kalimat tidak efektif pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

36. Perhatikan kalimat berikut!

Gedung itu direnovasi dengan […] ratusan tenaga ahli bangunan dari berbagai daerah di Indonesia.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A. menyibukkan
B. menampilkan
C. menjadikan
D. melibatkan

37. Perhatikan kalimat berikut!

“Ulu, tidakkah kamu tahu bahwa […] Pencipta membuat kita dengan keunikan yang berbeda-beda?”

Kata sandang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A. sang
B. dang
C. si
D. yang

38. Perhatikan teks berikut!

Banjir bandang […](1) banjir yang besar dan datang dengan tiba-tiba. Air mengalir dengan deras menghanyutkan benda-benda besar […](2) banjir ini merusak berbagai sarana prasarana yang dilewatinya.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….
A. (1)adalah, (2)melainkan
B. (1)merupakan, (2)seperti
C. (1)merupakan, (2)dan
D. (1)adalah, (2)seperti

39. Bacalah teks berikut!

Panti Asuhan Budi Asih kini makin berkembang. Hal itu karena panti asuhan ini banyak menerima donatur dari para dermawan. Dana yang secara rutin ditransformasi ke rekening panti itu sangat membantu keuangan panti. Bantuan dana itu digunakan untuk mencukupi kegiatan panti setiap bulan.

Pengganti istilah donatur dan ditransformasi pada teks tersebut adalah ….
A. dana, ditransfer
B. donasi, ditransfer
C. donor, ditransferisasi
D. donasi, ditransfusi

40. Bacalah kalimat berikut!

Bus antar kota dilarang berbelok di pertigaan dekat kantor wali kota.

Perbaikan penulisan gabungan kata yang tepat pada kalimat tersebut adalah ….
A. antar kota seharusnya antarkota
B. berbelok seharusnya ber-belok
C. pertigaan seharusnya per-tigaan
D. wali kota seharusnya walikota

41. Perhatikan kalimat berikut!

Pendidikan karakter amat sangat dibutuhkan sekali dalam pembentukan sikap siswa.

Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah ….
A. Pendidikan karakter amat dibutuhkan sekali dalam pembentukan sikap siswa.
B. Pendidikan karakter amat dibutuhkan dalam pembentukan sikap siswa.
C. Pendidikan karakter sangat dibutuhkan sekali dalam pembentukan sikap siswa.
D. Pendidikan karakter sangat dibutuhkan dalam pembentukan sikap siswa.

42. Bacalah teks berikut!

(1) Sejumlah kendaraan pun mogok di Kota Padang, baik mobil, angkutan kota, maupun sepeda motor. (2) Beberapa lokasi tepian jalan menjadi lokasi mirip bengkel dadakan untuk upaya menghidupkan kembali kendaraan yang mati terkena rembesan air genangan banjir itu. (3) Mereka seperti tak peduli dengan harga bensin yang juga tidak turun. (4) Siapakah yang mesti disalahkan atas banjir ini?

Perbaikan teks tersebut agar menjadi padu adalah dengan cara menghilangkan kalimat nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

43. Bacalah kalimat berikut!

Pada era zaman modern ini teknologi berkembang sangat pesat.

Penggunaan kata era pada kalimat tersebut salah karena ….
A. mempunyai makna bertentangan dengan zaman
B. seharusnya terletak setelah zaman
C. tidak sesuai konteks kalimat
D. mempunyai makna sama dengan zaman

44. Bacalah kalimat berikut!

Ombak yang tenang di pantai ini membuat rasa tenteram semakin lengkap sekali.

Kalimat tersebut tidak efektif karena ….
A. konjungsi tidak tepat
B. tidak mempunyai subjek
C. kalimat tidak logis
D. terdapat pemborosan kata

45. Bacalah kalimat berikut!

Dewasa ini informasi dan hiburan berupa gambar video tidak hanya dapat dinikmati melalui perangkat televisi analog maupun digital, tetapi juga dapat dinikmati melalui computer atau laptop yang terhubung dengan internet.

Perbaikan kesalahan penulisan kata pada kalimat tersebut adalah ….

Tertulis Perbaikan
A. video vidio
B. digital dijital
C. analok analog
D. laptop leptop

46. Bacalah kalimat berikut!

Hari selasa dilaksanakan pertemuan Presiden dengan para gubernur di Istana Bogor.

Kesalahan penulisan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah ….
A. Selasa
B. Presiden
C. Istana
D. gubernur

47. Bacalah teks berikut!

(1) Kegiatan literasi menjadi salah satu program sekolah. (2) Semua sekolah diharapkan dapat melakukan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (3) Salah satu kegiatan; yang dilakukan untuk menunjang GLS; adalah 15 menit membaca pada awal jam pertama. (4) Melalui kegiatan ini, semua siswa diharapkan memiliki minat baca yang tinggi.

Kesalahan penggunaan tanda baca pada teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

48. Bacalah teks berikut!

Salah satu museum yang banyak dikunjungi pelajar adalah museum geologi Bandung. Museum ini didirikan pada zaman kolonialisme Belanda. Didirikan pada masa revolusi industri di benua Eropa. Saat itu para ahli geologi sedang giat melaksanakan penyelidikan geologi.

Perbaikan penulisan huruf kapital kata pada teks tersebut adalaj….
A. Museum geologi Bandung, Benua Eropa
B. Museum Geologi Bandung, Benua Eropa
C. museum geologi Bandung, Benua Eropa
D. museum geologi Bandung, benua eropa

49. Bacalah kalimat berikut!

Selamat, Apapun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri.

Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ….
A. Selamat, Apapun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri!
B. Selamat! Apapun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri!
C. Selamat! Apapun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri.
D. Selamat: Apapun teks yang kamu susun adalah hasil karya sendiri.

50. Bacalah kalimat berikut!

(1) Keluarga Ervina sangat menggemari makanan laut. (2) Hari Minggu, Ervina menemani ibunya ke pasar. (3) Mereka membeli udang, kepiting, cumi-cumi dan ikan.

Penggunaan tanda baca pada kalimat ketiga teks tersebut salah karena ….
A. tanda baca hubung (-) tidak diperlukan
B. terdapat tanda baca koma (,) setelah kepiting
C. seharusnya terdapat tanda baca koma (,) setelah cumi-cumi
D. seharusnya terdapat tanda baca titik dua (:) setelah membeli

Kunci Jawaban Soal UN SMP Bahasa Indonesia 2018 – Ujian Nasional Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2017/2018 [Naskah Asli]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*